STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG

MUHAMMAD KAFA BIHI, 12209193115 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTS ASSYAFI’IYAH GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (559kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (580kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (424kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung”. Skripsi ini ditulis oleh Muhammad Kafa Bihi, NIM 12209193115, dosen pembimbing Dita Hendriani, M.A. Kata Kunci : Strategi guru, Kesulitan Belajar Siswa, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Mts Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian pada skripsi ini dilatar belakangi siswa di MTS Assyafi’iyah Gondang mengalami kesulitan selama berlangsungnya pembelajaran, khususnya di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Yang diantaranya mempelajari tentang interkasi sosial, lembaga sosial, negara-negara ASEAN, sejarah penjajahan Indonesia dan sejarah kemerdekaan Indonesia. Beberapa materi tersebut mengharuskan siswa harus banyak menghafal. Sehingga siswa merasa kesulitan, apabila kesulitan tidak secepatnya diatasi, bisa berpengaruh dengan hasil prestasi belajar siswa. Maka dari itu guru berusaha atasi guna tercapai pendidikan yang optimal. Rumusan masalah dalam skripsi ini yakni (1) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengatasai kesulitan belajar yang di hadapi oleh siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung? (3) Bagaimana dampak dari pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang di alami siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengatsi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian kemudian memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran IPS di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung diantaranya yakni melengkapi saran prasarana yang terdapat disekolah, terciptanya suasana kelas yang nyaman, motivasi, memberikan hadiah atau reward, dukungan lingkungan keluarga. (2) Faktor pendukung dan penghambat guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung diantaranya: (a) faktor pendukung meliputi, kurikulum pendidikan yang berkarakter dan kesadaran pada diri siswa itu sendiri. (b) Faktor penghambat dibedakan menjadi dua yakni faktor internal dan faktor eksternal. (3) Dampak dari pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTS Assyafi’iyah Gondang Tulungagung yakni memberikan dampak poitif yang bisa merubah siswa menjadi meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa, meningatkan perubahan pada sikap dan perilaku siswa, dan meningkatkan prestasi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193115 Muhammad Kafa Bihi
Date Deposited: 05 Sep 2023 05:31
Last Modified: 05 Sep 2023 05:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39746

Actions (login required)

View Item View Item