MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MTsN 5 TULUNGAGUNG

UMI NAPISAH, 12207193021 (2023) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI MTsN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (995kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Religius di MTsN 5 Tulungagung” ini ditulis oleh Umi Napisah, NIM. 12207193021, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakults Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr.H. Zaini, S.Ag. M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen, Kurikulum, Pendidikan Karakter dan Karakter Religius Pendidikan karakter merupakan pendidikan terpenting yang harus ditanamkan pada peserta didik sejak dini. Kualitas pendidikan manusia dapat dilihat melalui karakternya, sehingga pendidikan karakter bertujuan untuk menciptakan manusia yang berkualitas secara objektif sehingga akan memberikan manfaat pada dirinya sendiri dan juga orang lain. Karakter yang sangat penting diterapkan dalam menghadapi perkembangan zaman saat ini yaitu Karakter Religius, tanpa sebuah religiusitas sebuah negara akan minim moral. Dalam dunia pendidikan, tentunya hal tersebut sangatlah didukung oleh sebuah kurikulum, yang mana akan menjadi sebuah pacuan dalam melakukan pergerakan. Kurikulum pendidikan yang disediakan oleh pemerintah saat ini akan mendukung lembaga pendidikan dalam membentuk serta menciptakan karakter religius dengan mengacu kepada nilai Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia yang tercantum dalam profil pelajar pancasila. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kurikulum merdeka belajar dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius di MTsN 5 Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan Ibadah Qauliyah, Ibadah Amaliyah, dan Ibadah Maaliyah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius di MTsN 5 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi penerapan kurikulum merdeka belajar dalam mengimplementasikan pendidikan karakter religius di MTsN 5 Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan kurikulum, penerapan ibadah qawliah, amaliyah serta maaliyah, dan evaluasi kurikulum dalam mengimplementasikan pendidikan karkter religius di MTsN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Temuan dan teori dipaparkan dengan menggunakan landasan berfikis fenomenologis sedangkan informan dipilih dengan menggunakan teknik snowball sampling, yaitu proses pencarian data dari informan satu bergulir ke informan yang lain atas saran informan sebelumnya sesuai dengan kebutuhan. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan teknik kondensasi data, dilanjutkan dengan penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kreadibilitas, triangulasi, diskusi teman sejawat.Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Manajemen kurikulum diawali dengan perencanaan kurikulum yang dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru dengan melaksanakan rapat yang melibatkan seluruh dewan madrasah,karyawan, dan tim pengembang madrasah untuk menentukan program kerja selama satu tahun ke depan. Adapun untuk perencanaan kurikulum merdeka belajar itu sendiri tentunya tuntutan dari pemerintah namun dilaksanakan secara mandiri oleh madrasah dalam menghadapi hal terebut madrasah terus belajar dan mengikuti berbagai diklat serta pelatihan guna mempersiapkan penerapan kurikulum merdeka tahun ajaran baru. MTsN 5 Tulungagung memiliki visi & misi salah satunya berfokus pada menjadikan madrasah islami unggul dan lulusannya menjadi insan kamil. Dalam upaya pembentukan karakter religius berdasarkan kurikulum merdeka belajar berpacu pada nilai Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak mulia yang terdapat dalam profil pelajar pancasila. Dalam mewujudkan hal tersebut, madrasah melakukan sebuah perencanaan pada program Harian, program Mingguan, program Bulanan dan program Tahunan. (2) Penerapan Ibadah Qauliyah, Ibadah Amaliyah dan Ibadah Maaliyah dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Religius di MTsN 5 Tulungagung dapat melalui berbagai program kegiatan keagamaan , yang mana program tersebut dapat dilaksanakan melalui penerapan kegiatan keagamaan harian, kegiatan keagamaan mingguan, kegaiatan keagamaan bulanan,dan kegiatan keagamaan tahunan. (3) Evaluasi kurikulum yang dilaksanakan di MTsN 5 Tulungagung dilakuka secara spontanitas dan secara periodic dengan terjadwal. Evaluasi dan pengawasan kurikulum dilaksanakan oleh pegawas madrasah yang ditugaskan dari Kementerian Agama Jawa Timur. Evaluasi dari penerapan kurikulum merdeka belajar untuk saat ini, dilakukan secara spontanitas karena masih berlangsung baru-baru ini. Adapun evaluasi untuk berbagai program kegiatan keagamaan dilakukan oleh guru pendamping masing-masing.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207193021 Umi Napisah
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:04
Last Modified: 05 Sep 2023 07:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39758

Actions (login required)

View Item View Item