PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI DARING TERHADAP PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ZAMIRA QUMAIROTUS ZAHRO, 12205173190 (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI MELALUI DARING TERHADAP PEMAHAMAN DAN KETERAMPILAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (422kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Melalui Daring Terhadap Pemahaman dan Keterampilan Siswa Dalam Pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung“ ini ditulis oleh Zamira Qumairotus Zahro, NIM. 12205173190, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Inkuiri, Pemahaman, Keterampilan, Pembelajaran IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh era pandemi Covid-19 yang dapat mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di rumah masing-masing (daring), dimana siswa harus membangun pemahaman terhadap fakta, ide, konsep-konsep dan keterampilan yang dimiliki melalui aktivitas yang dilakukan. Apalagi dalam pembelajaran IPA yang harus di pahami dengan mendalam dan melihat adanya keterangan serta keteraturannya. Berdasarkan hasil observasi lapangan sebagian besar guru di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung masih menggunakan model pembelajaran konvesional, siswa cenderung mengikuti pendapat guru dan kurang berani mengeluarkan ide-ide/pendapat selama proses pembelajaran. Melalui penelitian ini, penulis berupaya untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri melalui daring terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Inkuiri melalui daring terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? 2) Apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran Inkuiri melalui daring terhadap keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung? 3) Seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran Inkuiri melalui daring terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung?. Adapun yang tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Inkuiri melalui daring terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Inkuiri melalui daring terhadap keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran Inkuiri melalui daring terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen semu, teknik sampling menggunakan purposive sampling. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung dengan jumlah 45 siswa, sampel yang diambil adalah siswa kelas IVA sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 siswa dan IVB sebagai kelas kontrol berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, wawancara, tes, angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji multivariat MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil uji t pemahaman siswa dengan menggunakan SPSS 25.0 diperoleh nilai sig. 0,000 ˂ 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang siginifikan antara penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. (2) hasil uji t keterampilan siswa dengan menggunakan SPSS 25.0 diperoleh sig. 0,000˂ 0,05. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung. (3) Berdasarkan uji multivariat MANOVA dengan menggunakan SPSS 25.0 diperoleh sig. 0,000 < 0,05. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap pemahaman dan keterampilan siswa dalam pembelajaran IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Kecamatan Rejotangan Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Daring
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12308193207 Muhammad Affandi
Date Deposited: 06 Sep 2023 03:09
Last Modified: 06 Sep 2023 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39793

Actions (login required)

View Item View Item