PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI LOGARITMA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT

AGNESITA RANILIA PRATIWI, 12204183138 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATERI LOGARITMA KELAS X SMAN 1 CAMPURDARAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Materi Logaritma Kelas X SMAN 1 Campurdarat” ini ditulis oleh Agnesita Ranilia Pratiwi, NIM 12204183138, Jurusan Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Video pembelajaran, Minat Belajar, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa faktor diantaranya, matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit, kurangnya penggunaan media pembelajaran, rendahnya semangat siswa dalam bertanya dan mengerjakan soal matematika. hal ini menyebabkan rendahnya minat belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan penggunaan video pembelajaran matematika yang melibatkan siswa secara aktif dan efektif agar memudahkan siswa belajar matematika. hal ini dapat membuat pembelajaran matematika lebih menarik sehingga akan berpengaruh pada minat dan hasil belajar matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar materi logaritma kelas X SMAN 1 Campurdarat. (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar materi logaritma kelas X SMAN 1 Campurdarat. (3) untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar materi logaritma kelas X SMAN 1 Campurdarat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Campurdarat. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X – 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan video pembelajaran matematika dan siswa kelas X – 2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran saintifik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah uji t untuk hipotesis 1 dan 2, sedangkan uji hipotesis 3 menggunakan uji Manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat belajar materi logaritma kelas X SMAN 1 Campurdarat, dengan taraf signifikansi 0,000. (2) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap hasil belajar materi logaritma kelas X SMAN 1 Campurdarat, dengan taraf signifikansi 0,000. (3) ada pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap minat dan hasil belajar materi logaritma kelas X SMAN 1 Campurdarat, dengan taraf signifikansi 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204183138 Agnesita Ranilia Pratiwi
Date Deposited: 05 Sep 2023 05:17
Last Modified: 05 Sep 2023 05:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39799

Actions (login required)

View Item View Item