STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Pada Rumah Makan Mie Gacoan Kabupaten Tulungagung)

NOVI ASTIKA LUTHFIANA FEBRIANTI, 12405183295 (2023) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN (Studi Pada Rumah Makan Mie Gacoan Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (468kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (220kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi berjudul “Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rumah Makan Mie Gacoan Kabupaten Tulungagung,” yangkditulis Novi Astika Luthfiana Febrianti, NIM. 12405183295, Jurusan Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Qomarul Huda, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya sebuah strategi pemasaran dengan menggunakan nama yang unik guna menarik perhatian konsumen. Karena dengan menggunakan nama yang unik ini akan mudah diingat oleh konsumen. Tetapi nama yang unik saja tidak cukup tetapi harus didukung oleh aspek pemasaran yang lain misalnya kualitas produknya yang harus tetap terjaga, lokasi yang strategis dengan fasilitas yang memadai, harga yang sesuai serta promosi untuk menarik pelanggan. Fokus penelitan yaitu, 1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di Rumah Makan Mie Gacoan Kabupaten Tulungagung?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan strategi pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan di Rumah Makan Mie Gacoan Kabupaten Tulungagung? Jenis penelitian yang dipakai oleh peneliti adalah kualitatif karena ditunjukan untuk memahami fenomena yang terjadi secara naturalistik. Sedangkan pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif untuk menggambarkan data yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi hingga menjadi sebuah kajian ilmiah. Hasil penelitian ini yaitu 1) Strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan di Rumah Makan Mie Gacoan Tulungagung: a. strategi produk, menggunakan takaran yang pas agar rasa tidak berubah ubah dan tetap terjaga kualitas rasanya, memiliki logo dan penyajian menu yang khas sehingga menarik konsumen untuk membeli produk; b. strategi harga, menawarkan harga yang terjangkau tetapi selalu menjaga kualitas produknya, memberikan potongan harga; c. strategi tempat, lokasi cukup strategis karena dekat dengan kampus, kos mahasiswa dan karyawan dengan fasilitas yang memadai seperti colokan listrik, wifi dan musik yang update; d. strategi promosi, promosi yang dilakukan memanfaatkan media sosial yang efektif dan sangat berpengaruh. 2) Faktor pendukung dari Mie Gacoan adalah harganya pas dikantong yaitu dengan harga Rp.10.000 kita sudah bisa menikmati Mie, tempat duduk dan tempat parkirpun juga luas, untuk gerai dekorasi kekinian sehingga bisa digunakan untuk berfoto dan bersantai, terutam di bagian kebersihan harus tetap dijaga. Sedangkan faktor penghambat dari Mie Gacoan adalah banyaknya pesaingan atau kompetitor Mie yang sejenis seperti Mie Kirloe, Mie One, Mie Jewer, Mie Malioboro. Sejak masa endemic pasca Pandemi Covid-19 banyak gerai makanan yang konsumennya berkurang tidak sebanyak sebelum pandemi. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Manajemen Syariah
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: S1 12405183295 Novi Astika Luthfiana Febrianti
Date Deposited: 03 Oct 2023 08:52
Last Modified: 03 Oct 2023 08:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39816

Actions (login required)

View Item View Item