PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH TANGKIL 02

AMALA DISKA FUADDIANA, 12206193037 (2023) PENERAPAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH TANGKIL 02. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (833kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (815kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (437kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di TK Al-Hidayah Tangkil 02” ditulis oleh Amala Diska Fuaddiana, NIM. 12206193037, Dosen Pembimbing Errifa Susilo, M.Pd. Kata kunci: Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter Anak Usia Dini. Perubahan merupakan suatu yang alamiah dan selalu akan terjadi, sesuatu dalam kehidupan akan terus mengalami perubahan tidak lain pada dunia pendidikan. Krisis pembelajaran yang telah terjadi diiringi dengan darurat pandemi COVID-19 serta menurunnya nilai-nilai karakter pancasila pada pelajar Indonesia. Kurikulum merdeka sebagai salah satu upaya dari Kemendikbudristek dalam rangka pemulihan pembelajaran selama 2022-2024 dan juga terdapat pengaplikasian profil pelajar pancasila berbasis proyek yang menjadi sasaran utama dalam kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter pelajar pancasila. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Perencanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini? (2) Bagaimana Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini? (3) Bagaimana Perkembangan Anak Pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan data dengan lokasi yang berada di TK Al-Hidayah Tangkil 02 Wlingi, Blitar. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara mengorganisasikan data kedalam kategori, menjabarkan kedalam unit-unit, melakukan sintesa dengan metode induktif kedalam tiga langkah meliputi tahap reduksi data sajian data (display data), menarik kesimpulan, verifikasi. Hasil penelitian ini adalah TK Al-Hidayah Tangkil 02 mengimplementasikan proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam pembentukan karakter anak usia dini dengan menyesuaikan kekhasan, kondisi, dan potensi daerah dengan menyelaraskan kondisi satuan pendidikan dan karakteristik peserta didik dalam satuan pendidikan. Pada pembentukan karakter peserta didik dalam satuan pendidikan terdapat pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan diantaranya pembiasaan terprogram dan pembiasaan spontan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193037 AMALA DISKA FUADDIANA
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:51
Last Modified: 19 Sep 2023 02:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39839

Actions (login required)

View Item View Item