PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS dan HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII MTs BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI BLITAR

MOKHAMMAD FAJAR ISKANDAR, 12208183046 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, AND REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS dan HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS VIII MTs BUSTANUL ULUM MINGGIRSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (708kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar dan kemampuan berpikir peserta didik sangat penting dalam proses pembelajaran. karena pada proses pembelajaran masih didominasi oleh pendidik dan menyebabkan peserta menjadi mudah jenuh, kurang bersemangat sehingga hasil belajar peserta didik menjadi kurang maksimal. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar Kemampuan berpikir Kritis dan hasil belajar Peserta didik semakin meningkat. Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dilatih mampu memecahkan masalah di lingkungan sekitar, serta memberikan ide atau gagasan yang sesuai dengan permasalahan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) pada materi Sistem pencernaan manusia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII Mts Bustanul Ulum Minggirsari. (2) Pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) pada materi Sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII Mts Bustanul Ulum Minggirsari. (3) Pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) pada materi Sistem pencernaan manusia terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik kelas VIII Mts Bustanul Ulum Minggirsari. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Bustanul Ulum Minggirsari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (pretest dan post-test) dan tes kemampuan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji reliabilitas, uji N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji T, dan uji anova dengan bantuan aplikasi SPSS 16. Hasil penelitian menunjukan (1) ada pengaruh model pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, and Review (SQ3R) pada materi Sistem pencernaan manusia terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII Mts Bustanul Ulum Minggirsari. Hasil penelitian ini diketahui bahwa (1) adanya pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar yang ditunjukan dengan TTest for Equality of Means didapatkan nilai sig. (2-tailed) 0,003. Nilai sig, (2-tailed) 0,003 < 0,05 yang mana berarti Ha diterima sementara H0 ditolak. (2) adanya pengaruh model pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan, peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar. dengan nilai uji Independent Sample T-Test, didapat nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang mana berarti Ha diterima sementara H0 ditolak. (3) adanya pengaruh Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read, Recite dan Review) terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Minggirsari Blitar. yang ditunjukkan dengan nilai uji Anova, didapat nilai sig. sebesar 0,000. Nilai sig. 0,000 < 0,05 yang mana berarti Ha diterima sementara H0 ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208183045 Ahmad Faza Zulfikar
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:12
Last Modified: 06 Sep 2023 07:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39858

Actions (login required)

View Item View Item