PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENSIKLOPEDIA SEJARAH LOKAL PENINGGALAN SEJARAH DAN CANDI DI BLITAR

ZULFA ROHMATUL UMMAH, 12209193070 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ENSIKLOPEDIA SEJARAH LOKAL PENINGGALAN SEJARAH DAN CANDI DI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (782kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (642kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (469kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Sejarah Lokal Peninggalan Sejarah dan Candi di Blitar” ditulis oleh Zulfa Rohmatul Ummah, NIM.12209193070 jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: Bahan Ajar, Ensiklopedia, Sejarah Lokal Kurang bervariasinya bahan ajar yang digunakan akan menjadikan proses pembelajaran tidak maksimal dan rendahnya pengetahuan siswa mengenai materi IPS yang berkaitan dengan sejarah lokal. Maka perlu adanya suatu pembahasan mengenai sejarah lokal di daerah mereka dengan disertai visualisasi lebih pada bahan ajar yang digunakan. Pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia sejarah lokal peninggalan sejarah dan candi di Blitar dapat dijadikan alternatif solusi dari permasalahan yang ada. Sehingga variasi bahan ajar diharapkan dapat menjadikan siswa lebih giat belajar, upaya dalam meningkatkan mutu pendidikan, serta memperluas pengetahuan mengenai sejarah lokal di daerah mereka. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gambaran pembelajaran IPS kelas VII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. 2) mengetahui analisis kebutuhan terhadap pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia sejarah lokal peninggalan sejarah dan candi di Blitar. 3) mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia sejarah lokal peninggalan sejarah dan candi di Blitar 4) mengetahui kevalidan pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia sejarah lokal peninggalan sejarah dan candi di Blitar. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan merujuk pada model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Gambaran pembelajaran IPS di SMP Muallimin Wonodadi Blitar pada kelas VII, guru mata pelajaran IPS masih menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi. Media pembelajaran berupa bahan ajar yang dijadikan sebagai sumber belajar berupa buku pegangan guru dan buku paket siswa. 2) Hasil angket kebutuhan menyatakan bahwa guru maupun siswa menyatakan membutuhkan dan setuju menggunakan bahan ajar berbasis ensiklopedia sejarah lokal peninggalan sejarah dan candi di Blitar. 3) Langkah-langkah pengembangan bahan ajar berbasis ensiklopedia sejarah lokal peninggalan sejarah dan candi di Blitar menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono terdiri dari 8 tahapan yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian. 4) Tingkat kevalidan berbasis ensiklopedia sejarah lokal peninggalan sejarah dan candi di Blitar setelah divalidasi oleh validator yakni : ahli media 82,4%, ahli materi 91,2%, dari pengguna hasil respon guru IPS 92%, hasil respon siswa kelompok kecil 86,5% dan kelompok besar 88,3%, bahan ajar dinyatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:39
Last Modified: 06 Sep 2023 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39874

Actions (login required)

View Item View Item