PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 1 SUTOJAYAN

NADA AULIYATUL FAIZAH, 12212193043 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL (PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 1 SUTOJAYAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (718kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (281kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (192kB)

Abstract

Skripsi dengan Judul “Pengaruh Model Pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 1 Sutojayan” ini ditulis oleh Nada Auliyatul Faizah, NIM. 12212193043, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Ali Amirul Mu‟minin, M. Pd. Kata Kunci: POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning), Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Larutan Penyangga Penerapan model pembelajaran masih didominasi oleh pendekatan pengajaran yang cenderung memposisikan siswa sebagai penerima informasi. Oleh karena itu, siswa menjadi jenuh dan tidak aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga mengakibatkan pemahaman konsep materi pelajaran tidak tertanam kuat dalam ingatan siswa. Oleh karena itu, perlu adanya suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa, salah satunya yaitu model POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Model ini melibatkan siswa secara langsung melalui kegiatan penyelidikan, kolaborasi dalam kelompok, dan refleksi. Hal ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif terlibat dalam pembelajaran, meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar mereka. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) untuk meneliti pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap motivasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan; 2) untuk meneliti pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan; dan 3) untuk meneliti pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI MIPA di SMAN 1 Sutojayan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain quasi eksperimental group design model nonequivalent (pretest and posttest) control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA yang berjumlah 175. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI MIPA 5 (kelas kontrol). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Metode angket untuk memperoleh data motivasi belajar dan metode tes untuk memperoleh data hasil belajar. Sebelum menganalisis data melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Karena data normal dan homogen teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik parametris dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji MANOVA. Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap motivasi belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di SMAN 1 Sutojayan yang dibuktikan dengan nilai Sig. (2- tailed) kelompok eksperimen yaitu 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. 2) ada pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di SMAN 1 Sutojayan yang dibuktikan dengan nilai Sig. (2-tailed) kelompok eksperimen yaitu 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. 3) ada pengaruh model pembelajaran terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga kelas XI di SMAN 1 Sutojayan yang dibuktikan dengan nilai signifikansi motivasi dan hasil belajar adalah 0,000 ≤ 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Nada 12212193043 Nada Auliyatul Faizah
Date Deposited: 07 Sep 2023 02:30
Last Modified: 07 Sep 2023 02:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39911

Actions (login required)

View Item View Item