STRATEGI GURU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS I SDN 2 GEMBLEB TRENGGALEK

ANNISA FARAH ADIBAH, 12205193139 (2023) STRATEGI GURU UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA DI KELAS I SDN 2 GEMBLEB TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (597kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (475kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru untuk Membentuk Karakter Profil Pelajar Pancasila di Kelas I SDN 2 Gembleb Trenggalek” ini ditulis Annisa Farah Adibah, NIM 12205193139, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Rohmah Ivantri, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi Guru, Karakter Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pengelolaan kelas dalam membentuk karakter siswa. Pendidikan karakter siswa sangat berkaitan erat dengan kegiatan pengelolaan kelas. Pengelolaan yang dimaksud adalah bagaimana cara sekolah merencanakan, melaksanakan, dan mengendalikan program-program sekolah secara memadai. Keberhasilan pembentukan karakter melalui pengelolaan kelas ditentukan oleh nilai-nilai yang ditanamkan, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian, pendidik, dan lingkungan sekitar. Keberhasilan pengelolaan kelas tentunya harus dengan pemilihan strategi dan pendekatan yang sesuai dengan kondisi siswa, metode, dan materi pembelajaran. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi guru untuk membentuk karakter profil pelajar Pancasila elemen beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia di kelas I SDN 2 Gembleb Trenggalek? (2) bagaimana strategi guru untuk membentuk karakter profil pelajar Pancasila elemen gotong royong di kelas I SDN 2 Gembleb Trenggalek? (3) bagaimana strategi guru untuk membentuk karakter profil pelajar Pancasila elemen mandiri di kelas I SDN 2 Gembleb Trenggalek? (4) bagaimana strategi guru untuk membentuk karakter profil pelajar Pancasila elemen berkebinekaan global di kelas I SDN 2 Gembleb Trenggalek? (5) bagaimana strategi guru untuk membentuk karakter profil pelajar Pancasila elemen berpikir kritis di kelas I SDN 2 Gembleb Trenggalek? (6) bagaimana strategi guru untuk membentuk karakter profil pelajar Pancasila elemen kreatif di kelas I SDN 2 Gembleb Trenggalek? Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas I, guru PAI, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan menarik kesimpulan (verification). Menggunakan uji keabsahan data kredibilitas (credibility) dengan cara perpanjangan keikutsertaan (Prolonged Engagement), ketekunan pengamatan (Persistent Engagement atau Observation), dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah guru harus memilih strategi yang tepat dalam mengelola kelas. Kegiatan pengelolaan kelas yang dilakukan guru berperan penting dalam pembentukan karakter profil pelajar Pancasila, karena kegiatan siswa lebih dominan dilakukan di kelas. Sekolah memiliki berbagai program unggulan yang dikemas melalui budaya sekolah dan dapat dijadikan pondasi untuk mewujudkan karakter profil pelajar Pancasila elemen beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, gotong royong, mandiri, berkebinekaan global, berpikir kritis, dan kreatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193139 ANNISA FARAH ADIBAH
Date Deposited: 11 Sep 2023 02:15
Last Modified: 11 Sep 2023 02:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39973

Actions (login required)

View Item View Item