AMRITA HANUM, 12201193086 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (4MB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Amrita Hanum, NIM 12201193086, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Mukhamad Sukur, M.Pd.I., NIDN 2001058304. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kemampuan Membaca Al-Qur’an Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari era globalisasi yang tidak disertai dengan peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik, sehingga sering terjadi ketidakmampuan peserta didik kelas VII dalam membaca Al-Qur’an dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Pembimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung ? 2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung ? 3) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Fasilitator Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca AlQur’an Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung ? Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung 2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung 3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Sumbergempol Tulungagung, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian data, data yang digali berdasarkan tiga komponen orang, tempat dan kertas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai pembimbing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII yaitu memberikan bimbingan kepada peserta didik secara menyeluruh menggunakan metode Iqra’, Jibril, Qira’ati, langsung praktik, dan pengelompokan serta memberikan kartu sorogan dan membiasakan untuk membaca juz amma sebelum memulai kegiatan pembelajaran. 2) Guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII yaitu selalu menyisipkan nasehat, dorongan dan dukungan, memberikan contoh secara langsung dan memberikan apresiasi serta memberikan penghargaan berupa piagam atau piala bagi kelas dan peserta didik yang aktif dalam kegiatan keagamaan. 3) Guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik kelas VII yaitu memberikan waktu kepada peserta didik untuk mengutarakan pendapatnya, memberikan selebaran berisikan potongan ayat Al-Qur’an, memberikan link atau tautan terkait cara dan irama dalam membaca Al-Qur’an dan berkolaborasi dengan pihak luar yang memiliki keahlian dalam membaca Al-Qur’an dalam kegiatan ekstrakurikuler.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193086 AMRITA HANUM |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:30 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39985 |
Actions (login required)
View Item |