INTERNALISASI NILAI TOLERANSI SISWA KELAS VII DI MTS AL MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI

MUHAMMAD RIZQI KHORULLAH, 12209193081 (2023) INTERNALISASI NILAI TOLERANSI SISWA KELAS VII DI MTS AL MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (883kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (791kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (525kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (650kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul ‘’ Internalisasi Nilai Toleransi Siswa Kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri “ ditulis oleh Muhammad Rizqi Khoirullah Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, NIM: 12209193081 Tahun 2023 dosen bimbing Ibu Ikfi Khoulita, M. Pd. I. Kata Kunci ; Internalisasi, Nilai Toleransi Masyarakat Indonesia yang sangat beragam baik budaya dan karakternya merupakan suatu ciri yang harus diperhatikan perkembangannya. Sebagai bangsa yang majemuk, yang berisi beragam suku, agama, bahasa dan budaya, tentu upaya mewujudkan toleransi menjadi tantangan tersendiri. Di era pesatnya perkembangan teknologi secara global memberikan dampak perubahan nilai-nilai dalam bidang ekonomi, politik, sosial, budaya dan pendidikan. kerukunan dan kedamaian di dalam masyarakat di era keterbukaan dan kemudahan dalam mengakses informasi telah menggiring masyarakat dalam menelan opini yang bersifat provokasi dikhawatirkan nilai-nilai toleransi dalam kehidupan masyarakat kian lama kian memudar. hal ini bisa mengarah pada desintegrasi nasional maka dari itu upaya dalam menjaga nilai toleransi di masyarakat diperlukan penanaman nilai toleransi di setiap individu untuk mewujudkan kedamaian di dalam kehidupan. Dalam peneltian ini memiliki cangkupan rumusan masalah penelitian sebagaimana berikut : 1.) Bagaimana tahapan transformasi nilai toleransi siswa kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo? 2.) Bagaimana tahapan transaksi nilai toleransi siswa kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo? 3.) Bagaimana tahapan transinternalisasi nilai toleransi siswa kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo?. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu : 1.) Untuk mendeskripsikan tahapan transformasi nilai toleransi siswa kelas VII di MTs All Mahrusiyah Lirboyo 2.) Untuk mendeskripsikan tahapan transaksi nilai toleransi siswa kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo 3.) Untuk mendeskripsikan tahapan transinternalisasi nilai toleransi siswa kelas VII di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo Peneltian ini menggunakan peneltian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di MTs Al Mahrusiyah Lirboyo, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Menggunakan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini mendeskripsikan temuan peneliti sebagai berikut 1.) Penyampaian nilai toleransi siswa di MTs Al Mahrusiyah melalui beberapa kegiatan antara lain; kegiatan MATSAMA, Kegiatan Pembelajaran di MTs Al Mahrusiyah, dan Kegiatan Pengajaran Kitab Kuning Taisirul Kholaq di lembaga Pondok Pesantren HM Al Mahrusiyah. 2.) Penanaman sikap toleransi siswa kelas VII di MTs Al Mahrusiyah ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah dan lingkungan sekolah seperti; kegiatan gotong royong (ro’an), kegiatan Halal bi halal, kegiatan pembiasaan guru di dalam kelas, kegiatan pembelajaran dikelas, kegiatan (Bahtsul Masa’il) di lembaga pesantren HM Al Mahrusiyah. 3.) Tahapan transinternalisasi nilai toleransi di MTs Al Mahrusiyah di wujudkan dengan perubahan sikap siswa seiring dengan proses tahapan yang ada, sehingga perilaku siswa di dalam kehidupan sehari hari tertanam sikap; siswa saling menjaga dengan temannya, sikap siswa dalam bergaul dengan siapa saja, sikap siswa dalam berprilaku tawadu’ kepada gurunya, kebiasaan siswa dalam mengucapkan terimakasih ketika dibantu dan di berikan suatu apresiasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193081 Muhammad Rizqi Khoirullah
Date Deposited: 11 Sep 2023 03:26
Last Modified: 11 Sep 2023 03:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39992

Actions (login required)

View Item View Item