NILTA LATHIFATUL MUNAWAROH, 12209193056 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS VIII DI SMPN 3 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (602kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (562kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (484kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (572kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (687kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (286kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas VIII Di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Nilta Lathifatul Munawaroh, NIM.12209193056, dosen pembimbing Drs. H. Jani, M.M., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kesulitan Belajar, dan Ilmu Pengetahuan Sosial Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya suatu fenomena dalam proses pembelajaran, fakta lapangan menyatakan bahwa masih banyaknya siswa yang mengalami masalah dalam kesulitan belajar. Didalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tidak semua siswa dapat memahami dengan mudah materi yang telah diajarkan oleh guru, seringkali siswa juga merasa kesulitan dalam kegiatan proses pembelajaran tersebut. Kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan suatu hal yang wajar terjadi, sehingga siswa perlu bantuan dan juga bantuan dari guru untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Dengan adanya fakta tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam dan mendetail tentang strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu: (1)Apa saja bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? (2) Apa saja faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir (2) Untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir (3) Untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk memperoleh kebenaran data yang berkaitan dengan sebanyak mungkin, wawancara dilakukan untuk menggali data ataupun informasi tentang strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, dan dokumentasi digunakan untuk mencari data dan mencatat hasil observasi, dokumen-dokumen, serta benda-benda tertulis lainnya yang berkaitan dengan penelitian Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk kesulitan belajar yang dialami siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir meliputi siswa merasa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, siswa merasa kesulitan dalam menghafal dan mengingat materi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, siswa merasa kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. (2) faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir meliputi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi tingkat intelegensi siswa, kurangnya minat belajar dari siswa, kurangnya motivasi, dan sikap malas pada siswa, sedangkan faktor eksternal meliputi faktor orang tua/keluarga, guru, dan lingkungan (3) strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS kelas VIII di SMPN 3 Kalidawir meliputi strategi pembelajaran secara langsung, strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran interaktif.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193056 Nilta Lathifatul Munawaroh |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 04:39 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 04:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40011 |
Actions (login required)
View Item |