PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTAK MATEMATIS ALJABAR DALAM KONSEP OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG KELAS VII

MOHAMAD BAHA' UDIN, 12204193038 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KOTAK MATEMATIS ALJABAR DALAM KONSEP OPERASI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTS PSM TANEN REJOTANGAN TULUNGAGUNG KELAS VII. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (838kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (826kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (557kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Kotak Matematis Aljabar dalam Konsep Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di MTs PSM Tanen Rejotangan Tulungagung Kelas VII” ditulis oleh Mohamad Baha’ Udin, NIM. 12204193038, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Miswanto, M.Pd. NIP. 198508272011011006. Kata Kunci: Pengaruh, Media, Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Aljabar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran guru yang hanya menerapkan metode pembelajaran konvensional, maka siswa akan mengalami penurunan minat belajar. Penurunan minat belajar tersebut dapat mengakibatkan penurunan hasil belajar siswa. Dengan adanya fakta tersebut, maka guru seharusnya mampu untuk memilih media yang baik dan menguntungkan untuk dapat menarik perhatian siswa dan mendorong keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Dari hal tersebut peneliti menggunakan media kotak matematis aljabar untuk menarik minat belajar siswa dengan membuat siswa terlibat langsung dalam pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kotak matematis aljabar terhadap minat belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII MTs PSM Tanen, (2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kotak matematis aljabar terhadap hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII MTs PSM Tanen, (3) untuk mengetahui besar pengaruh penggunaan media kotak matematis aljabar terhadap minat dan hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII MTs PSM Tanen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis kuasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VII MTs PSM Tanen. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa. Adapun teknik pengumpulan data meliputi angket, tes, dan dokumentasi. Data penelitian ini diambil dari nilai Posttest, dan angket minat yang kemudian dianalisis menggunakan uji t dua sampel bebas dan uji effect size Cohen’s. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh penggunaan media kotak matematis aljabar terhadap minat belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII MTs PSM Tanen dengan nilai signifikansi yaitu 0,011 ≤ 0,05. (2) Ada pengaruh penggunaan media kotak matematis aljabar terhadap hasil belajar siswa pada penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar di kelas VII MTs PSM Tanen dengan nilai signifikansi yaitu 0,000 ≤ 0,05. (3) Besarnya pengaruh penggunaan media kotak matematis aljabar terhadap minat belajar siswa sebesar 0,752 tergolong besar dan hasil belajar siswa sebesar 1,289 tergolong sangat besar

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204193038 Mohamad Baha’ Udin
Date Deposited: 13 Sep 2023 07:34
Last Modified: 13 Sep 2023 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40015

Actions (login required)

View Item View Item