PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM TERPADU AL-ASROR RINGINPITU

DITYA CHOLIFATUL AZMI, 12206193071 (2023) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM TERPADU AL-ASROR RINGINPITU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (865kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (466kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (581kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (619kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kecerdasan Intrapersonal Anak Kelompok B di TK Islam Terpadu Al- Asror Ringinpitu” ini ditulis oleh Ditya Cholifatul Azmi, NIM 12206193071, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Errifa Susilo, M.Pd. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Berbasis Proyek, Kecerdasan Intrapersonal Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan peneliti bahwa dalam proses pengembangan kecerdasan majemuk khususnya kecerdasan intrapersonal di TK Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu masih menggunakan metode yang kurang bervariasi dan kurang menarik sehingga kecerdasan intrapersonal pada anak kurang berkembang secara optimal. Hal ini terlihat ketika anak mengerjakan tugas sama dengan temannya dan tidak menyelesaikan tugas tepat waktu. Dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal, guru masih menggunakan metode pemberian tugas yang mana seringkali membuat anak bosan dan kurang bisa mengembangkan kreativitasnya. Maka dari itu, peneliti menggunakan salah satu metode pembelajaran yaitu metode pembelajaran berbasis proyek. Melalui metode pembelajaran berbasis proyek anak diberi kebebasan untuk mengerjakan kegiatan sesuai dengan kreativitasnya dan bertanggung jawab menyelesaikan proyeknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kecerdasan intrapersonal yakni sikap tanggung jawab anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu? (2) Apakah terdapat pengaruh metode pembelajaran berbasis proyek terhadap kecerdasan intrapersonal yakni rasa percaya diri anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu?. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kelompok B di TK Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu yang berjumlah 40 anak. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) ada pengaruh terhadap kecerdasan intrapersonal yaitu sikap tanggung jawab anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu. Berdasarkan hasil uji man-whitney menunjukkan bahwa nilai Sig adalah 0,00. Berdasarkan kriteria menunjukkan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterima.(2) ada pengaruh terhadap kecerdasan intrapersonal anak yaitu sikap percaya diri anak kelompok B di TK Islam Terpadu Al-Asror Ringinpitu. Berdasarkan hasil uji t-test menunjukkan bahwa nilai Asymp.Sig adalah 0,016. Berdasarkan kriteria menunjukkan nilai probabilitas 0,000 < 0,05. Maka H0 ditolak dan Ha diterim

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193071 DITYA CHOLIFATUL AZMI
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:54
Last Modified: 13 Sep 2023 08:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40016

Actions (login required)

View Item View Item