PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)

KHOLISATUL MUDAUWAMAH, 12402193200 (2023) PENGARUH GAYA HIDUP HEDONIS DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE DI MARKETPLACE SHOPEE (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Gaya Hidup Hedonis dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Belanja Online di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung)”. ditulis oleh Kholisotul Mudauwamah, NIM. 12402193200, pembimbing Samsul Bakri, S.Pd.I., M.Pd. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dengan adanya perkembangan era digitalisasi dan perkembangan zaman memunculkan bentuk perbelanjaan baru melalui sistem online. Seiring dengan perilaku baru dikalangan mahasiswa yaitu perilaku konsumtif. Hal tersebut membuat gaya hidup mereka meningkat karena adanya ketertarikan untuk mengikuti tren dan perkembangan zaman yang terjadi. Apabila ketertarikan tersebut semakin meningkat tanpa sadar mahasiswa akan selalu memenuhi keinginan mereka untuk mendapat sebuah kesenangan. Pemenuhan keinginan yang melebihi kemampuan dapat mengarah pada perilaku berlebihan dan boros serta pengelolaan lietrasi keuangan yang kurang baik. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1). untuk mengetahui pengaruh secara simultan antara gaya hidup hedonis dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif belanja online di marketplace Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 2). untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku konsumtif belanja online di marketplace Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. 3). untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif belanja online di marketplace Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 98 responden yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sumber data yang digunakan adalah data primer dengan cara kuesioner dan observasi. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda menggunakan aplikasi SPSS 25.0. Hasil penelitian secara simultan menggunakan uji F atau secara bersama-sama menunjukkan bahwa ada pengaruh antara variabel gaya hidup hedonis dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif belanja online di marketplace Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Sedangkan secara parsial menggunakan uji t variabel gaya hidup hedonis dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif belanja online di marketplace Shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Kata Kunci: Gaya Hidup Hedonis, Literasi Keuangan dan Perilaku Konsumtif

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402193200 Kholisotul Mudauwamah
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:31
Last Modified: 11 Sep 2023 08:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40049

Actions (login required)

View Item View Item