PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI SEKOLAH DASAR (Studi Multikasus pada Tiga Sekolah Dasar di Kecamatan Wonodadi Blitar)

Tahta Qurotu A;yunina, 1755144034 (2016) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI SEKOLAH DASAR (Studi Multikasus pada Tiga Sekolah Dasar di Kecamatan Wonodadi Blitar). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (776kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (166kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Penggunaan Media Gambar dalam Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar (Studi Multikasus pada Tiga Sekolah Dasar di Kecamatan Wonodadi Blitar)” ini ditulis oleh Tahta Qurotu A’yunina dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd, dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata kunci: Media Gambar, Keterampilan Menulis, Puisi Proses belajar pada dasarnya menuntut kemampuan guru dalam mengendalikan kegiatan belajar siswa. Meski tidak setiap kegiatan belajar, siswa bergantung kepada kehadiran guru, namun terdapat hubungan sebab akibat antara guru mengajar dengan murid belajar. Oleh karena itu, salah satu tanggung jawab guru dalam proses pembelajaran adalah merancang dan melaksanakan proses pembelajaran sedemikian rupa sehingga siswa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Menciptakan pembelajaran yang efektif dengan keterlibatan siswa agar terjadi optimalisasi belajar dan menumbuhkan keterampilan dasar dan keterampilan kompleks pada siswa, bukan sesuatu yang mudah. Hal ini memerlukan aspek lain yang bukan hanya kemampuan verbal melainkan pelibatan berbagai sumber belajar yang digunakan siswa dengan kehadiran dan penggunaan secara tepat. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran sebagai bagian dari sumber belajar. Media gambar bermanfaat untuk melengkapi, memelihara, bahkan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sedang berlangsung, hasil belajar, aktivitas, dan motivasi belajar siswa. Dalam proses belajar mengajar kehadiran media gambar dalam keterampilan menulis puisi mempunyai arti yang cukup penting karena didalam kegiatan trsebut bahan yang disampaikan dapat menghadirkan media sebagai perantara. Penelitian ini dlifokuskan untuk mendeskripsikan media gambar dalam keterampilan menulis puisi. Pertanyaan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimana teknik penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi di MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana hasil belajar siswa dalam penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi di kelas V MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary Wonodadi Blitar? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui teknik penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi di MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary Wonodadi Blitar, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa dalam penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi di kelas V MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary Wonodadi Blitar. (3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary Wonodadi Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis multi kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary Wonodadi Blitar. Sumber data penelitian terdiri dari informan, partisipan, lokasi, dokumentasi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, interview mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data dalam kasusdan analisis data lintas kasus. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan diskusi teman sejawat, triangulasi data, dan triangulasi sumber data. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa (1) teknik pelaksanaan penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi di kelas V MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary. materi yang sulit/abstrak selalu menggunakan media pembelajaran dan praktik karena lebih mempermudah, media yang sering digunakan media gambar, objek langsung dan hasil karya peserta didik, Untuk membentuk pembelajaran yang menarik mengajak peserta didik ke perpustaakaan, lingkungan sekolah, kealam terbuka, seperti sawah, sungai dan lapangan. Teknik yang digunakan ceramah, media gambar, selain itu mengajak anak untuk mengamati gambar yang berada di lingkungan sekolah. (2) hasil belajar siswa dalam penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi di kelas V MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary. Meningkatkan antusias peserta didik, meningkatkan kreatifitas dan imajinasi peserta didik, Hasil dari menggunakan media gambar sangat baik. Prestasi peserta didik lebih bisa meningkat dibandingkan jika tidak menggunakan media. (3) kendala-kendala yang dihadapi dalam penggunaan media gambar dalam keterampilan menulis puisi MI Nurul Jadid, MIN Kolomayan, dan SDI Hasyim As’ary mempersiapkan medianya, keterbatasan waktu penggunaannya, gambar harus sesuai dengan tema gambar, tidak adanya wifi atau internet, pemilihan kata-kata (Diksi).

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: PENGGUNAAN 1755144034 tahta qurotu a'yunina
Date Deposited: 31 Oct 2016 01:25
Last Modified: 31 Oct 2016 01:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4008

Actions (login required)

View Item View Item