PENERAPAN METODE IQRO’ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL HIDAYAH BAJANG KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR

ZULFA ANIKMAH, 12206193005 (2023) PENERAPAN METODE IQRO’ UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL HIDAYAH BAJANG KECAMATAN TALUN KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Zulfa Anikmah NIM. 12206193005 Penerapan Metode Iqro’ untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Usia 4-5 Tahun di TK Al Hidayah Bajang Kec. Talun Kab. Blitar. Skripsi. Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungangung. Pembimbing : Liatul Rohmah, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Iqro’, Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena mengenai pentingnya anak usia dini dalam pintar membaca huruf hijaiyah untuk memberikan pondasi dasar kelak Ketika tumbuh dewasa. Dalam hal ini, peneliti menghubungkannya dengan pemilihan metode membaca yang disesuaikan dengan anak usia dini di TK Al Hidayah Bajang. Fokus pertanyaan penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan yang digunakan pada penerapan metode iqro’ untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Ba jang Kec. Talun Kab. Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode iqro’ untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Bajang Kec. Talun Kab. Blitar ? (3) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan metode iqro’ untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di TK Al Hidayah Bajang ? Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK Al Hidayah Bajang Kec. Talun Kab. Blitar. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triagulasi, teknik sumber da waktu. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Perencanaan yang disusun dalam penerapam metode iqro’ yaitu kurikulum, rencana pembelajaran, jadwal pembelajaran, media dan bahan ajar. (2) Pelaksanaan dilakukan melalui beberapa kegiatan (a) anak do’a bersama, bernyanyi islami, menerima materi baru, serta menulis huruf hijaiyah. ( 2) guru menyimak anak satu per satu melalui Teknik individual dengan cara belajar asistensi. (c) guru memberikan contoh bahasan baru dengan memperhatikan gerak bibir anak dan sebaliknya. (d) anak tidak perlu mengulang bacaan yang dibaca benar, jika salah maka cukup benarkan huruf yang salah tersebut. (e) setiap pertemuan anak membaca 1 halaman atau lebih dengan berloncat ke halaman berikutnya. (3) Faktor penghambat dan faktor pendukung dari penerapan metode iqro’ dapat dilihat saat pembelajaran seperti buku iqro’ didapat dengan mudah, metode cocok untuk semua kalangan baik anak-anak muapun lansia, sedangkan faktor penghambat kurangnya pengawasan orangtua dalam hal belajar anak dirumah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Bahan Ajar
Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: S1 12206193005 ZULFA ANIKMAH
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:26
Last Modified: 04 Oct 2023 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40114

Actions (login required)

View Item View Item