PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK

FABIAYYI AGNA SYIVA, 12201193234 (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN KEPRIBADIAN MUSLIM PESERTA DIDIK DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (682kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (788kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (952kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Kepribadian Muslim Peserta Didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Fabiayyi Agna Syiva, NIM 12201193234, pembimbing Evy Ramadina, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Muslim Skripsi ini dilatar belakangi oleh globalisasi yang mulai melanda kehidupan masyarakat khusunya para remaja. Rusaknya remaja saat ini ditandai dengan semakin berkurangnya tata krama kehidupan sosial dan etika moral dalam praktik kehidupan, baik di rumah, di sekolah maupun di masyarakat. Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut dan membentuk manusia yang saleh dan berkepribadian sesuai dengan Islam. Maka dari itu, guru Pendidikan Agama Islam tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan agama saja, namun juga harus mendidik, mengarahkan dan menanamkan nilai-nilai yang sesuai dengan ajaran Islam agar terbentuk peserta didik yang memiliki kepribadian muslim. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek?, (2) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai inovator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek?, (3) Bagaimana peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek? Adapun tujuan penelitiannya adalah : (1) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, (2) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai inovator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek, (3) Untuk mendeskripsikan peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini juga melakukan perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yaitu menyediakan perangkat pembelajaran sebelum pembelajaran dimulai, menyediakan fasilitas/sarana dan prasarana, menciptakan suasana awal kelas yang menyenangkan dan kondusif, serta membantu dan mendampingi peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar. (2) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai inovator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek yaitu selalu mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkan teknologi sesuai dengan kebutuhan peserta didik, mengembangkan variasi model, metode, dan media pembelajaran. (3) Peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator dalam membangun kepribadian muslim peserta didik di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek dengan memberikan arahan dan dorongan semangat serta memberikan reward.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193234 Fabiayyi Agna Syiva
Date Deposited: 18 Sep 2023 04:23
Last Modified: 18 Sep 2023 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40146

Actions (login required)

View Item View Item