AURALIA ALFATIKA KHOLISOH, 12201183184 (2023) PERAN GURU AL-QUR'AN HADIS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR AL-QUR'AN PESERTA DIDIK DI MTSN 4 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2021/2022. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul " Peran Guru Al-Qur'an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Al-Qur'an Peserta Didik di MTsN 4 Tulungagung Tahun Ajaran 2021/2022" yang ditulis oleh Auralia Alfatika Kholisoh. NIM 12201183184. Pembimbing Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I Kata Kunci : Peran, Guru Al-Qur'an Hadis, Belajar. Pendidikan merupakan suatu upaya dalam mewariskan nilai yang akan menjadi penolong dan penentu umat manusia dalam menjalani kehidupan dan sekaligus untuk memperbaiki nasib dan peradaban umat manusia. Pendidikan islam tidak bisa dipisahkan dengan Al-Qur'an. Kitab suci Al-Qur'an merupakan pedoman bagi umat islam, yang dibaca dan dipahami. Didalam suatu lembaga pendidikan islam, peran guru Al-Quran Hadis sangat diperlukan dalam membimbing peserta didik dalam memahami Al-Quran. Diantaranya peran seorang guru di dalam sebuahsistem pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan evaluator yang mengiringi peserta didik dalam memahami Al-Quran dan mengamalkannya. pendekatan penelitian ini dengan menggunakan kualitatif jenis peneitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi tahapan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian: 1) Peran Guru Al-Qur'an hadis sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan belajar Al-Quran peserta didik di MTsN 4 Tulungagung tahun 2021/2022 adalah menyediakan perangkat pembelajaran, menyediakan fasiitas dan media pembelajaran, dan mendedikasikan diri sebagai mitra belajar. 2) Peran Guru Al-Qur'an hadis sebagai motivator dalam meningkatkan kemampuan belajar Al-Quran peserta didik di MTsN 4 Tulungagung tahun 2021/2022 adalah sebagai penggerak peserta didik dalam meningkatkan kemampuan belajar dengan cara menciptakan suasana belajar yang mendukung serta memberikan apresiasi dan sanksi sebagai bentuk usaha guru mendorong peserta didik dalam meningkatkan semangat belajar. 3) Peran Guru Al-Qur'an hadis sebagai evaluator dalam meningkatkan kemampuan belajar Al-Quran peserta didik di MTsN 4 Tulungagung tahun 2021/2022 adalah membuat perencanaan evaluasi pembelajaran, melakukan penilaian dan pengukuran dengan alat tes dan non tes serta menjadikan evaluasi sebagai sebuah pengalaman untuk meningkatkan sistem pembelajaran menjadi lebih baik lagi pada pembelajaran di tahun berikutnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183184 Auralia Alfatika Kholisoh |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 09:09 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 09:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40147 |
Actions (login required)
View Item |