YUNI KRISNAWATI, 12208183171 (2023) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA MENGGUNAKAN FOUR TIER DIAGNOSTIC TEST DIKOMBINASI CERTAINTY OF RESPONSE INDEX DI MA DARUL HIKMAH TAWANGSARI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (615kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (508kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (254kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (745kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
Abstract
Kualitas output yang dihasilkan oleh pendidikan Indonesia masih jauh dari kriteria yang diharapkan dalam tujuan Pendidikan Nasional. Hal tersebut tercermin dari hasil penilaian Programme for International Assesment (PISA) tahun 2018 yang menunjukkan skor siswa Indonesia di bidang literasi, matematika, dan sains masih di bawah rata-rata skor standar yang ditetapkan Organisation for Economic Co-Operation and Development (OECD). Rendahnya skor tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya: pemilihan bahan ajar, pembelajaran tidak kontekstual, rendahnya kemampuan membaca siswa, lingkungan dan iklim belajar, serta miskonsepsi. Untuk meminimalisir hal tersebut, guru dapat melaksanakan pembelajaran konseptual dan analisis miskonsepsi sebagai upaya mereduksi miskonsepsi siswa. Dalam pelaksanaannya, sebelum menerapkan pembelajaran konseptual perlu dilakukan analisis miskonsepsi sebagai upaya preventif untuk mengetahui apakah terjadi miskonsepsi pada siswa dan faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi tersebut. Oleh karena itu, peneliti menggunakan four tier diagnostic test dikombinasi certainty of response index (CRI) untuk analisis miskonsepsi. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis miskonsepsi siswa pada materi Invertebrata menggunakan four tier diagnostic test dikombinasi CRI di MA Darul Hikmah Tawangsari. (2) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi siswa pada materi Invertebrata menggunakan four tier diagnostic test dikombinasi CRI di MA Darul Hikmah Tawangsari. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XA yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya: observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes diagnostik. Analisis data penelitian dilakukan dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian menggunakan peningkatan ketekunan, triangulasi, dan membercheck. Tahap-tahap penelitian terdiri atas: tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, dan tahap penulisan laporan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui (1) Siswa mengalami miskonsepsi sebesar 40% pada materi Invertebrata. Selain miskonsepsi, terdapat 42% siswa telah memahami konsep dan 19% lainnya tidak paham konsep pada materi Invertebrata. (2) Miskonsepsi pada siswa disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab miskonsepsi diantaranya adalah penalaran yang salah, pemahaman konsep yang tidak utuh, ketidakpahaman siswa terhadap istilah-istilah Biologi, kemampuan kognitif siswa yang rendah, dan sikap pasif siswa selama pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal disebabkan oleh kurangnya referensi yang dimiliki siswa dan penggunaan media pembelajaran yang masih terbatas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Biologi > Hewan Pendidikan > Kesulitan Belajar Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | 12208183171 Yuni Krisnawati |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 04:13 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40170 |
Actions (login required)
View Item |