KHOIRUN NISA, 12204193059 (2023) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (698kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (364kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (340kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (276kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar pada Materi Statistika di SMP Negeri 3 Kedungwaru” ini ditulis oleh Khoirun Nisa, NIM. 12204193059, Pembimbing Skripsi: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi, Hasil Belajar Adanya pembelajaran yang berpusat pada guru membuat peserta didik kurang memahami makna belajar. Hal ini menyebabkan rendahnya motivasi, sehingga nilai akhir yang diraih kurang memuaskan. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bervariatif agar motivasi dan hasil belajar siswa semakin meningkat. Problem based learning adalah salah satu model pembelajaran dimana siswa dituntut aktif dalam menyelesaikan permasalahan. Melalui model pembelajaran ini diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi siswa yang pada akhirnya akan berpengaruh pada hasil belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap motivasi siswa, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa, (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan model problem based learning terhadap motivasi belajar siswa dan (4) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan tes. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas VIII SMP Negeri 3 Kedungwaru yang berjumlah 298 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas VIII H sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas VIII I sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Sampel diperoleh dengan Teknik probability sampling jenis simple random sampling. Instrumen angket untuk memperoleh data motivasi dan tes untuk memperoleh data hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model problem based learning terhadap motivasi siswa pada materi statistika di SMP 3 Kedungwaru. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000 < 0,05; (2) Ada pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar pada materi statistika di SMP 3 Kedungwaru. Berdasarkan hasil nilai tingkat signifikan 0,000 < 0,05; (3) besarnya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap motivasi belajar siswa pada materi statistika di SMP 3 Kedungwaru adalah 0,909 atau sebesar 82% ini tergolong pengaruh yang tinggi; dan (4) besarnya pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada materi statistika di SMP 3 Kedungwaru adalah 1,857 atau sebesar 96,4% ini tergolong pengaruh yang tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Matematika > Statistika Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193059 khoirun nisa |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 06:43 |
Last Modified: | 14 Sep 2023 06:43 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40195 |
Actions (login required)
View Item |