PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KINERJA GURU, DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SEKECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK

ANWAR SHODIQ, 1755154007 (2023) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA, KINERJA GURU, DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI SEKECAMATAN POGALAN KABUPATEN TRENGGALEK. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (830kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (214kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Tesis dengan judul “Pengaruh Pola Asuh Orangtua, Kinerja Guru, dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Ibtida’iyah se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggale” ini ditulis oleh Anwar Shodiq dengan dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan M, M.Pd dan Dr. H. Abdul Manab, MA Kata Kunci: Pola Asuh Orangtua, Kinerja Guru, Gaya Belajar Siswa, dan Prestasi Belajar Siswa Prestasi belajar siswa merupakan tolok ukur keberhasilan pendidikan. Banyak hal yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, diantaranya adalah dari dalam diri siswa dan dari luar diri siswa. Dari dalam diri siswa bisa dari gaya belajar siswa, sedangkan dari luar diri siswa bisa dari pola asuh orang tua dan kinerja guru. Rumusan masalah dalam penulisan tesis ini adalah: (1) Bagaimanakah kondisi pola asuh orang tua, kinerja guru, gaya belajar siswa, dan prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? (2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tuadenganprestasi belajar siswadi MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? (3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswadenganprestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? (5) Apakah ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pola asuh orang tua, kinerja guru, dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kondisi pola asuh orang tua, kinerja guru, gaya belajar siswa, dan prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua dengan prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara kinerja guru dengan prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. (4) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara gaya belajar siswa dengan prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. (5) Untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara pola asuh orang tua, kinerja guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa di MI se Kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan regresi sederhana (uji t) dan regresi ganda (uji F). Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa : (1) Berdasarkan analisis deskriptif pada bab IV, dapat diketahui variabel pola asuh orang tua memiliki mean 145,86 yang termasuk dalam kategori sedang, untuk variabel kinerja guru diperoleh mean 48,34 yang termasuk dalam kategori sedang, untuk variabel gaya belajar siswa diperoleh nilai mean 140,77 yang termasuk dalam kategori sedang, sedangkan variabel prestasi belajar siswa diperoleh nilai mean 84,9 yang termasuk dalam kategori sedang. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa MI se-Kecamatan Pogalan yang ditunjukkan dari nilai koefisien regresi variabel pola asuh orang tua (X1) sebesar 0,065. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa MI se-Kecamatan Pogalan yang ditunjukkan dari nilai koefisien regresi variabel kinerja guru (X2) sebesar 0,176. (4) Ada pengaruh yang signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa MI se-Kecamatan Pogalan yang ditunjukkan dari nilai koefisien regresi variabel gaya belajar siswa (X3) sebesar 0,057. (5) Ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara variabel pola asuh orang tua (X1), kinerja guru (X2) dan gaya belajar siswa (X3) terhadap prestasi belajar siswa (Y) Madrasah Ibtidaiyah Sekecamatan Pogalan yang ditunjukkan dari nilai besarnya koefisien determinasi (Adjusted R Squared) adalah 0,370.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: 1755154007 anwar shodiq
Date Deposited: 05 Oct 2023 07:35
Last Modified: 05 Oct 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40205

Actions (login required)

View Item View Item