REVITALISASI PASAR TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian Pasar Gringging Kabupaten Kediri)

NUR HARTINI RAHAYU, 12405193136 (2023) REVITALISASI PASAR TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA MENGEMBANGKAN USAHA MIKRO (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian Pasar Gringging Kabupaten Kediri). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (532kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Revitalisasi Pasar Tradisional Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Mikro (Studi Kasus Pada Pedagang Pakaian Pasar Gringging Kabupaten Kediri)” ini ditulis oleh Nur Hartini Rahayu, NIM. 12405193136, Pembimbing Bapak Dr. Nur Aziz Muslim., M.H.I. Revitalisasi pasar tradisional adalah kegiatan untuk membangun sarana dan prasarana pasar tradisional agar mampu bersaing dengan toko modern. Revitalisasi pasar dilakukan untuk mempertahankan eksistensi pasar tradisional sebagai pusat pengembangan ekonomi rakyat. Pasar Tradisional Gringging Kabupaten Kediri selesai di revitalisasi dan diresmikan pada 17 Februari 2021. Tahapan revitalisasi pasar tradisional tidak hanya memperbaiki aspek fisik bangunan tetapi juga memperhatikan aspek manajemen, aspek ekonomi dan aspek sosial dengan tujuan mengembangkan usaha mikro di pasar tradisional. Penelitian ini membahas tentang revitalisasi pasar tradisional sebagai upaya mengembangkan usaha mikro. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan revitalisasi pasar tradisional di Pasar Gringging Kabupaten Kediri dan mendeskripsikan upaya pedagang pakaian dalam mengembangkan usahanya sesudah revitalisasi pasar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Menggunakan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan pengamatan serta triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses revitalisasi pasar tradisional terlaksana dengan baik. Kondisi lingkungan pasar menjadi lebih nyaman dan bersih. Pada aspek fisik dapat diketahui bahwa penataan bangunan pasar berdasarkan sistem zonasi. Pada aspek ekonomi dapat diketahui bahwa pendapatan pedagang pakaian di pasar ada yang mengalami kenaikan dan penurunan. Pada aspek manajemen dapat diketahui bahwa pelayanan dan fasilitas yang diberikan sudah baik dibandingkan sebelum direvitalisasi. Pada aspek sosial terdapat interaksi dan hubungan sosial yang terjalin dengan baik antara pengelola pasar, pedagang dan pembeli. Upaya yang dilakukan pedagang pakaian dalam mengembangkan usaha sesudah adanya revitalisasi pasar yaitu menerapkan aspek strategi, aspek pemasaran dan aspek penjualan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Pasar
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: 12405193136 Nur Hartini Rahayu
Date Deposited: 15 Sep 2023 03:48
Last Modified: 15 Sep 2023 03:48
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40236

Actions (login required)

View Item View Item