STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI

TIARA LAILATUL FAJRIYAH, 12201183084 (2023) STRATEGI GURU FIQIH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH SUNAN KALIJOGO MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (455kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar Peserta Didik Kelas XI Di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Mojo Kediri” ini ditulis oleh Tiara Lailatul Fajriyah, NIM, 12201183084, pembimbing Mukhamad Sukur, M. Pd. I.Kata Kunci : Strategi Guru Fiqih, dan Kualitas Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa permasalahan yang sering kali dijumpai dalam proses pembelajaran, khususnya pembelajaran fiqih adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada peserta didik secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien. Di samping masalah lainnya yang sering didapati adalah kurangnya perhatian guru di dalam pengelolaan kelas secara efektif dan efisien pula, sehingga tujuan pembelajaran tidak bisa atau belum bisa diterima peserta didik secara maksimal. Di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Mojo Kediri terdapat guru fiqih yang belum maksimal dalam menyajikan materi kepada peserta didik dan kurangnya pengelolaan kelas yang baik secara efektif dan efisien. Oleh karena itu strategi guru fiqih sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik agar peserta didik semangat, tertarik, lebih senang dan tidak merasa bosan dalam pembelajaran fiqih supaya dapat meningkatkan hasil belajar atau kualitas belajar peserta didik lebih baik lagi khususnya dalam pembelajaran fiqih. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Mojo Kediri? (2) Bagaimana pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Mojo Kediri? (3) Bagaimana evaluasi guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Mojo Kediri?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan guru fiqih, pelaksanaan guru fiqih, dan evaluasi guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik kelas XI di Madrasah Aliyah Sunan Kalijogo Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan dan keajegan pengamatan, triangulasi (triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu). Hasil dari penelitian ini adalah (1) Perencanaan guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik adalah (a) perencanaan model pembelajaran (b) perencanaan metode pembelajaran (c) perencanaan media pembelajaran (2) Pelaksanaan guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik adalah (a) model yang digunakan adalah model ekspositori dan cooperative learning (b) metode yang digunakan adalah metode ceramah, diskusi, xvtanya jawab dan resitasi (c) media yang digunakan adalah media papan tulis dan LCD proyektor (3) Evaluasi guru fiqih dalam meningkatkan kualitas belajar peserta didik adalah evaluasi pembelajaran sesuai dengan yang telah direncanakan berupa tes secara lisan dan tertulis; evaluasi berjenjang mulai dari per materi, perbab (ulangan harian) dan per semester (penilaian akhir semester); evaluasi observasi secara langsung terhadap peserta didik atau dengan melakukan praktik sesuai dengan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201183084 TIARA LAILATUL FAJRIYAH
Date Deposited: 15 Sep 2023 07:34
Last Modified: 15 Sep 2023 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40250

Actions (login required)

View Item View Item