PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI MTsN 5 BLITAR

LAILATUL HASANAH, 12204193025 (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI MTsN 5 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII pada Materi Statistika di MTsN 5 Blitar” ini ditulis oleh Lailatul Hasanah, NIM. 12204193025. Jurusan Tadris Matematika. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Miswanto, M. Pd. Kata Kunci : Project Based Learning, Berpikir Kreatif, dan Pemahama Konsep Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep matematis yang disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dan siswa masih kesulitan untuk memahami rumus-rumus yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang tepat agar pembelajaran berlangsung efektif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi statistika, 2) Mengetahui pengaruh model PjBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi persamaan statistika, 3) Mengetahui seberapa besar pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif dan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yaitu desain quasi-eksperiment dengan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-F sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan uji effect size cohen’s. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi statistika, 2) Ada pengaruh model PjBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi persamaan statistika, 3) Besar pengaruh model PjBL terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi statistika adalah 0,611 berarti memiliki pengaruh sedang. Sedangkan besar pengaruh model PjBL terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN 5 Blitar pada materi statistika adalah 0,823 berarti memiliki pengaruh besar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: S1 12204193025 Lailatul Hasanah
Date Deposited: 16 Sep 2023 05:26
Last Modified: 16 Sep 2023 05:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40252

Actions (login required)

View Item View Item