PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 03 JEPUN TULUNGAGUNG

ANI MUFIDATUL KHULUQ, 2817123010 (2016) PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SD NEGERI 03 JEPUN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER ANI.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK ANI MUFIDA.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 SKRIPSI ani..pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 SKRIPSI ani..pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 SKRIPSI ani..pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text
BAB IV SKRIPSI ani..pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI ani..pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN ani mufid.pdf

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi PTK dengan judul “Penerapan Metode Index Card Match untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik Kelas II SD Negeri 03 Jepun Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Ani Mufidatul Khuluq, NIM. 2817123010, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung dibimbing oleh Ibu Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd. Kata Kunci: Metode Index Card Match, Prestasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa kondisi pembelajaran Matematika di sekolah, yang prestasi belajar peserta didiknya masih relatif rendah.. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kurang kreatif sehingga membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran. Mata pelajaran Matematika selalu diberikan melalui metode konvensional seperti: metode ceramah, demonstrasi, drill, Tanya jawab, dan penugasan. Prestasi belajar mereka banyak yang kurang dari KKM. Menyikapi permasalahan tersebut perlu dikembangkan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Metode Pembelajaran Index Card Match (ICM) sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan dengan kerjasama yang menyenangkan karena peserta didik terlibat langsung dalam proses pembelajaran, sehingga diharapkan metode pembelajaran Index Card Match (ICM) dalam pembelajaran Matematika mampu meningkatkan prestasi belajar. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian pada peserta didik kelas II SD Negeri 03 JepunTulungagung tahun ajaran 2015/2016? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar melalui metode Index Card Match mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian pada peserta didik kelas II SD Negeri 03 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode Index Card Match pada mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian pada peserta didik kelas II SD Negeri 03 JepunTulungagung tahun ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar peserta didik melalui metode Index Card Match pada mata pelajaran matematika pokok bahasan perkalian pada peserta didik kelas II SD Negeri 03 JepunTulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua kali siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas II SD Negeri 03 Jepun Tulungagung pada mata pelajaran Matematika materi perkalian.Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan peserta didik terhadap materi mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, yaitu dengan nilai KKM 70. Penerapan metode pembelajaran Index Card Match adalah sebagai berikut : (1) Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah peserta didik yang ada dalam kelas. (2) Bagi jumlah kertas-kertas tersebut menjadi dua bagian yang sama. (3) Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelum pembelajaran pada setengah bagian kertas yang telah disiapkan. Setiap kertas berisi satu pertanyaan. (4) Pada sebagian kertas yang lain, tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang tadi di buat. (5) Kocoklah semua kertas sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban. (6) Berikan pada seluruh peserta didik satu kertas. Jelaskan bahwa ini merupakan aktivitas yang dilakukan secara berpasangan. Sebagian peserta didik mendapatkan soal dan sebagaian yang lainnya akan mendapatkan jawaban. (7) Mintalah kepada peserta didik untuk menemukan pasangan mereka. Jika ada yang sudah menemukan pasangan, mintalah kepada mereka untuk duduk berdekatan. Jelaskan juga agar mereka tidak memberitahu materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain. (8) Setelah semua peserta didik menemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah kepada setiap pasangan bergantian untuk membacakan soal yang diperoleh dengan keras kepada teman-teman yang lainnya. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangan-pasangan yang lain. (9) Akhir proses ini dengan membuat klarifikasi dan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu prestasi belajar peserta didik siklus 1 dengan nilai rata-rata 62,5 atau 62,5% dan pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 83,33 atau 83,33%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan prestasi belajar Matematika peserta didik kelas II SD Negeri 03 Jepun Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123010 ANI MUFIDATUL KHULUQ
Date Deposited: 01 Nov 2016 06:33
Last Modified: 01 Nov 2016 06:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4027

Actions (login required)

View Item View Item