PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BOOK CREATOR DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS V MI

ERNIKA KHUSNAINI, 12205193169 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS BOOK CREATOR DENGAN MODEL ADDIE PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI KELAS V MI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

Ernika Khusnaini, 2023, Pengembangan E-modul Berbasis Book Creator dengan Model ADDIE pada Materi Sistem Pencernaan Di Kelas V MI. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata kunci: Pengembangan, E-modul, Book Creator E-modul merupakan perkembangan teknologi informasi yang mengembangkan sumber atau panduan belajar dari bentuk modul cetak menjadi modul yang dikemas dalam bentuk digital. E-modul dibuat dengan sistem online yang dapat diakses kapan saja dan menarik perhatian peserta didik karena dilengkapi dengan video, audio, dan gambar. E- modul ini dapat digunakan sebagai media interaktif berbasis elektronik yang disusun secara sistematis dengan dilengkapi audio, video, gambar dan navigasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui proses pengembangan e-modul berbasis book creator dengan model ADDIE pada materi sistem pencernaan di kelas V MI Darussalam Wonodadi dan MIN 14 Blitar, (2) untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis book creator model ADDIE pada materi sistem pencernaan di kelas V MI Darussalam Wonodadi dan MIN 14 Blitar. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model ADDIE yang prosedurnya terdiri dari 5 tahap yaitu analisis (Analysis), perencanaan (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket atau kuisoner, tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan proses pengembangan e-modul berbasis book creator dengan model ADDIE. Pertama, analysis dengan melakukan studi lapangan untuk menentukan masalah dan menemukan solusinya. Kedua, perencenaan (desaign) dengan menetukan desain awal. Ketiga, pengembangan (development) dengan mengahsilkan produk. Keempat, implementasi (implementation) dengan menguji coba di lapangan. Dan kelima, evaluasi (evaluation) dengan mengevaluasi program penelitian. Selain itu penelitian ini menunjukkan kualitas pengembangan produk e-modul berbasis book creator pada pembelajaran IPA materi sistem pencernaan hewan dan manusia di kelas V MI dengan mendapatkan hasil validasi dari validator ahli media, ahli media dan ahli soal menyatakan bahwa e-modul layak digunakan. Kualitas modul pembelajaran menurut peserta didik berdasarkan hasil kuisioner peserta kelompok kecil memperoleh 86% yang artinya e-modul ini masuk kriteria keefektifan. Sedangkan hasil dari kelompok besar memperoleh 93,88% yang artinya e-modul ini masuk kriteria efektif dan memperoleh nilai 100% yang artinya sangat baik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis book creator memiliki kualitas sangat baik dan dapat membantu peserta didik kelas V untuk memahami materi sistem pencernaan hewan dan manusia.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193169 ERNIKA KHUSNAINI
Date Deposited: 19 Sep 2023 02:16
Last Modified: 19 Sep 2023 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40298

Actions (login required)

View Item View Item