ACHMAD RAF SANJANI, 12204193079 (2023) KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PERBANDINGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT KELAS VII SMP NEGERI 2 GONDANG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (999kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (645kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (657kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent Kelas VII SMP Negeri 2 Gondang” ini ditulis oleh Achmad Raf Sanjani, NIM. 12204193079, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D. Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Menyelesaikan Masalah, Gaya Kognitif, Field Independent, Field Dependent. Hal yang sering terjadi pada proses pembelajaran matematika adalah siswa masih kurang mampu dalam memahami konsep terutama dalam menyelesaikan soal dalam bentuk cerita. Siswa kurang memahami informasi yang ada pada soal. Siswa belum bisa mengaitkan antara konsep matematika yang satu dengan yang lainnya. Sehingga, dapat dikatakan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa masih tergolong rendah. Berdasarkan hal tersebut maka kemampuan penalaran matematis berpengaruh dalam menyelesaikan masalah matematika dan dalam hal ini peneliti menghubungkan penalaran matematis dengan gaya kognitif siswa Field Independent dan Field Dependent. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan berdasarkan gaya kognitif field independent. (2) mendeskripsikan kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan berdasarkan gaya kognitif field dependent. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa kelas VII-C SMP Negeri 2 Gondang. Pengambilan subjek ini menggunakan tes GEFT (Group Embedded Figure Tes) dimana terdapat subjek 2 siswa dengan gaya kognitif Field Independent dan 2 siswa dengan gaya kognitif Field Dependent. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tulis, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) kemampuan penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah perbandingan berdasarkan gaya kognitif field independent subjek 1 mampu memenuhi semua tahapan indikator kemampuan penalaran matematis meskipun pada proses dan juga hasilnya kurang sempurna. Namun proses dan hasil yang diberikan benar. Subjek 2 hampir sama dengan subjek 1 hanya saja tidak memenuhi salah satu indikator yaitu memeriksa kesahihan kebenaran suatu argumen. (2) Sedangkan siswa field dependent belum mampu memenuhi semua tahapan indikator kemampuan penalaran matematis. Siswa field dependent masih banyak kekurangan serta kesalahan dalam menuliskan proses dan hasilnya. Subjek 3 hanya memenuhi 2 indikator dan subjek 4 hanya memenuhi 1 indikator kemampuan penalaran matematis.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Gaya Belajar Matematika Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan Matematika > Perbandingan Pendidikan > Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 03:03 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 03:03 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40318 |
Actions (login required)
View Item |