تطبيق المنهج الدراسي لتعليم اللغة العربية على أساس حرية التعلّم-الجامعة المستقلة في الجامعة الحكومية مالانج

MOCHAMAD SURURI, 12850421021 (2023) تطبيق المنهج الدراسي لتعليم اللغة العربية على أساس حرية التعلّم-الجامعة المستقلة في الجامعة الحكومية مالانج. [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (607kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mochamad Sururi, NIM: 12850421021, 2023, “Implementasi Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UM”. Tesis, Program Study Pendidikan Bahasa Arab. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dibimbing Oleh Dr. Ahmad Nurcholis, M.Pd dan Prof. Dr. H. Imam Fuadi, M.Ag. Kata Kuci : Implementasi, Skema, Merdeka Belajar Latar Belakang: Semenjak tahun 2020 pemerintah berupaya melakukan revolusi pendidikan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan program merdeka belajar, filsafat pendidikan yang mendasari adalah filsafat dari John Dewey yaitu Pragmatisme yang mengatakan bahwa setiap manusia memiliki kebebasan untuk mengembangkan kemampuan, kompetensi, bakat dan minatnya, sehingga kurikulum harus mendukung tujuan tersebut, kebijakan tersebut juga diberlakukan di perguruan tinggi, sedangkan UM berkomitmen terhadap MBKM dan memulai pada departemen Pendidikan Bahasa Arab Angkatan 2020. Rumusan Masalah: 1) Bagaimana implementasi kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab UM?, 2) Bagaimana skema kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka pada jurusan Pendidikan Bahasa Arab UM?, 3) Bagaimana perolehan kompetensi mahasiswa berbasis Merdeka Belajar Kampus Merdeka?. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode field research. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu wawancara mendalam, observasi partisipan dan studi dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yakni: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian: 1) Implementasi kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka pada mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab UM terdiri dari 4 tatanan (a) Porsi perkuliahan di UM lebih difokuskan di luar kampus dengan total setiap kegiatannya adalah 20 SKS, sedangkan perkuliahan peminatan di dalam kampus adalah 6 SKS. (b) Matakuliah peminatan MBKM yang ditawarkan adalah Bahasa Arab Pariwisata, Bahasa Arab Qur`ani, Bahasa Arab Dasar, Wasail Tadris, Ilmu Dilalah. (c) Perguruan Tinggi Mitra yang bekerjasama dengan UM adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Pendidikan Indonesia, dan Universitas Negeri Jakarta. (d) Media yang disediakan oleh kampus UM adalah Permata LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan). 2) Skema Kurikulum MBKM pada Departemen PBA UM meliputi 5 tatanan (a) merumuskan RPS berbasis KKNI dan MBKM, (b) merumuskan kompetensi mahasiswa, (c) membuat skema perkuliahan lintas prodi yang terdiri dari 20 SKS, (d) menskemakan perkuliahan antar perguruan tinggi yang telah terjalin hubungan Kerjasama, (e) Skema kurikulum perkuliahan di UM adalah 4 Semester Perkuliahan Inti 2 Semester MBKM 1 Semester Penelitian atau Skripsi. 3) perolehan kompetensi mahasiswa berbasis Merdeka belajar kampus merdeka yang meliputi 3 tatanan (a) kompetensi utama mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab berbasis MBKM, (b) kompetensi pendukung mahasiswa Pendidikan Bahasa arab berbasis MBKM, (c) kompetensi peminatan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: 12850421021 Mochamad Sururi
Date Deposited: 19 Sep 2023 08:47
Last Modified: 19 Sep 2023 08:47
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40356

Actions (login required)

View Item View Item