PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII G PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN DAN DIAGRAM VENN DI SMPNEGERI 3 KEDUNGWARU

RIFDIATI ROHMAH, 2814123131 (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII G PADA MATERI OPERASI HIMPUNAN DAN DIAGRAM VENN DI SMPNEGERI 3 KEDUNGWARU. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover skripsi fix 2016.pdf

Download (651kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (858kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (635kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya dengan multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas VII G pada materi operasi himpunan dan diagram venn di SMP Negeri 3 Kedungwaru” yang ditulis oleh Rifdiati Rohmah dan dibimbing oleh bapak Miswanto, M.Pd. Kata Kunci :Tutor sebaya, Multimedia, Hasil belajar siswa. Kurangnya pemahaman siswa dalam pelajaran matematika dan kurangnya ketrampilan guru dalam memilih model, strategi atau metode dalam pembelajaran matematika serta pembelajaran yang hanya terpusat pada isi dan materi, sehingga menjadikan siswa pasif, dan banyak yang takut dengan pelajaran matematika yang menurut mereka pelajaran yang sulit. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang bisa membuat siswa tidak takut dengan pelajaran matematika dan mereka bisa lebih aktif serta saling bekerjasama dengan temannya sehingga bisa membuahkan hasil belajar yang lebih baik. Menurut peneliti dalam penelitian ini model yang cocok digunakan adalah model pembelajaran tutor sebaya. Serta dengan multimedia seperti power point bisa menarik siswa untuk suka dengan pelajaran tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya dengan multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas VII G pada materi operasi himpunan dan diagram venn di SMPNegeri 3 Kedungwaru). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya dengan multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas VII G pada materi operasi himpunan dan diagram venn di SMPNegeri 3 Kedungwaru Pada penelitian ini menggunakan pola penelitian kuantitatif yang berupa penelitian eksperimen. Dimana variabel independen (bebas) adalah penerapan model pembelajaran tutor sebaya dengan multimedia Dan variabel dependen (terikat) adalah hasil belajar siswa. Dalam pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 73 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 11 januari – 5 pebruari 2016.Teknik yang digunakan untuk pengambilan data adalah Observasi, tes dan dokumentasi.Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis t-test dengan perhitungan manual dan SPSS 17.0. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran tutor sebaya dengan multimedia terhadap hasil belajar siswa kelas VII G pada materi operasi himpunan dan diagram venn di SMPNegeri 3 Kedungwaru dengan nilai t_hitung>t_tabel, dapat ditulis sebagai berikut 2,048 >1,994 dalam perhitungan menggunakan SPSS 17.0 dan 2,0766> 1,994 dengan menghitung manual dengan uji t-test.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123131 RIFDIATI ROHMAH
Date Deposited: 11 Nov 2016 02:40
Last Modified: 11 Nov 2016 02:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4037

Actions (login required)

View Item View Item