PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI AGAMA 3 DI MAN 1 BLITAR

ELVA NAILUL ROSIDA, 12201183297 (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PESERTA DIDIK KELAS XI AGAMA 3 DI MAN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Peserta Didik Kelas XI Agama 3 di MAN 1 Blitar”, ini ditulis oleh Elva Nailul Rosida, NIM 12201183297 Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung. Pembimbing Dr. H. Asrop Safi’I, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar, Konten, Intensitas, Youtube, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pada beberapa lokasi di Indonesia kurang mendapatkan minat dari siswa. Selain itu, sistem pembelajarannya terkesan monoton berupa ceramah sehingga siswa kurang bersemangat dan kurang memahami secara maksimal materi pelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Disatu sisi, siswa cenderung dekat dengan teknologi dan telah memanfaatkan teknologi dalam berbagai bidang. Pemanfaatan teknologi dapat digunakan pada bidang pendidikan dengan tujuan membantu proses belajar siswa. Munculnya berbagai teknologi digital seperti youtube diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebagaimana seperti pata mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Agama 3 terkait pengaruh menggunaan media youtube terhadap hasil belajar siswa. Keadaan demikian dikarenakan hasil belajar siswa terkait pelajaran tersebut belum maksimal dan metode pembelajaran yang masih monoton. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui pengaruh konten youtube terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI Agama 3, (2) Mengetahui pengaruh intensitas youtube terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI Agama 3, (3) Mengetahui pengaruh konten youtube dan intensitas menonton youtube terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas XI Agama 3. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan field research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MAN 1 Blitar. Sedangkan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling atau pengambilan sampel dengan kriteria tertentu sehingga penelitian dilakukan pada kelas XI MAN 1 Blitar tepatnya kelas XI Agama 3. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dengan skala Likert. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Konten youtube berpengaruh terhadap hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam dimana semakin baik dan banyak konten youtube terkait materi Sejarah Kebudayaan Islam maka semakin meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Agama 3, (2) Intensitas menonton youtube berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas XI Agama 3. Semakin intens siswa menonton youtube terkait materi tersebut maka hasil belajar akan mengalami peningkatan. (3) Secara simultan atau bersama-sama, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media youtube (konten dan intensitas) berpengaruh sebesar 28% terhadap hasil belajar siswa kelas XI Agama 3

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 20 Sep 2023 07:37
Last Modified: 20 Sep 2023 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40389

Actions (login required)

View Item View Item