EFEKTIVITAS METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MA DARUL HUDA WONODADI

NUR ZAHROIL KARIMA, 12201193198 (2023) EFEKTIVITAS METODE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS X MA DARUL HUDA WONODADI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (944kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (548kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (590kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Efektivitas Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X MA Darul Huda Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Nur Zahroil Karima, NIM 12201193198. Pendidikan Agama Islam, Fakuttas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Bapak Dr. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Metode Teams Games Tournament (TGT), Motivasi, Hasil Belajar Latar belakang penelitian ini adalah peneliti ingin meneliti seberapa besar motivasi dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan metode teams games tournament . Karena metode ini digunakan untuk membangun antusias peserta didik dan membangkitkan interaksi secara dua arah guna mewujudkan hasil belajar yang lebih maksimal. Kegiatan pembelajaran sejarah kebudayaan islam berlangsung menggunakan Model pembelajaran ceramah dan pemberian tugas. Kemudian pada saat proses pembelajaran keaktifan kelas lebih didominasi oleh guru yang menjelaskan dan siswa mendengarkan. Sehingga proses pembelajaran masih monoton Penggunaan metode konvesional inilah yang menyebabkan motivasi belajar siswa masih tergolong kurang dan pendidik harus berpikir dua kali dalam memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Sehingga untuk memaksimalkan motivasi dan hasil belajar yang lebih baik, perlu inovasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Skripsi ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu : 1) Seberapa besarkah pengaruh metode pembelajaran teames games tournament terhadap motivasi belajar belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X MA Darul Huda Wonodadi? 2) Seberapa besarkah pengaruh metode pembelajaran teames games tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X MA Darul Huda Wonodadi? 3) Seberapa besarkah pengaruh metode pembelajaran teames games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X MA Darul Huda Wonodadi? Pendekatan yang digunakan peneliti dalam skripsi ini adalah kuantitatif dengan menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X di MA Darul Huda Wonodadi tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 30 orang. Teknik penelitian ini, menggunakan purposive sampling. Jadi penentuan sampel dalam penelitian ini dipilih berdasarkan pertimbangan guru mata pelajaran dengan 2 kelas menjadi sampel penelitian dan masing-masing kelas terdiri dari 15 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh metode pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana dijelaskan bahwa lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (2) Ada pengaruh metode pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji t, diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, dimana dijelaskan bahwa lebih kecil dari 0,05. Maka Ha diterima. (3) Ada pengaruh metode pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MA Darul Huda Wonodadi Blitar. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan uji Manova, diperoleh Harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root pada kolom kelas memiliki nilai Sig. 0,000 < 0,005, yang artinya harga F Pillai's Trace, Wilks' Lambda, Hotelling's Trace, Roy's Largest Root semuanya signifikan dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 21 Sep 2023 07:37
Last Modified: 21 Sep 2023 07:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40416

Actions (login required)

View Item View Item