PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI MAN 3 BLITAR

INDAH SRIWAHYUNI, 12211193024 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR PESERTA DDIK PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA KELAS XI MAN 3 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (688kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Gelombang Cahaya Kelas XI MAN 3 Blitar” ini ditulis oleh Indah Sriwahyuni, NIM. 122011193024, dosen pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar, Gelombang Cahaya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut disebabkan metode pembelajaran konvensional dan berpusat pada guru. Hal ini mengakibatkan peserta didik menjadi pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut mengindikasikan kurangnya interaksi antara guru dan murid, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang efektif. Selain itu, salah satu materi yang dianggap sulit dalam pelajaran Fisika yaitu materi gelombang cahaya. Salah satu model pmebelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran problem based learning (PBL). Tujuan penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi gelombang cahaya kelas XI MAN 3 Blitar, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada materi gelombang cahaya kelas XI MAN 3 Blitar, (3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik pada materi gelombang cahaya kelas XI MAN 3 Blitar. Pendekatan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MAN 3 Blitar yang berjumlah 4 kelas dengan total peserta didik 138 anak. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas XI MIPA-2 sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas XI MIPA-3 sebgai kelas eksperimen. Data penelitian ini diambil dari hasil skor tes pemahaman konsep dan tes hasil belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdapat tiga macam. Diantaranya uji instrumen yaitu uji validitas dan reliabilitas, selanjutnya uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan instrumen penelitian yang digunakan valid dan reliabel. Berdasarkan uji prasyarat, data yang diperoleh telah terdistribusi secara normal dan homogen. Kemudian hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,000; (2) ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,006; (3) ada pengaruh model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar peserta didik dengan signifikansi sebesar 0,000.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193024 Indah Sriwahyuni
Date Deposited: 04 Oct 2023 08:43
Last Modified: 22 Feb 2024 02:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40431

Actions (login required)

View Item View Item