ROSDA AYU MANDANIYAH, 12201193057 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTSN 5 MALANG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (669kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (754kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (619kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (942kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
|
Text
DAPTAR PUSTAKA.pdf Download (451kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII Pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Negeri 5 Malang” ini ditulis oleh Rosda Ayu Mandaniyah, NIM 12201193057, jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN SATU Tulungagung, Pembimbing Luluk ‘Atirotul Zahrah, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Model Pembelajaran Discovery learning, Hasil Belajar peseta didik Berdasarkan konteks penelitian yang telah peneliti amati, bahwa terdapat beberapa faktor penghambat dalam proses pembelajaran yaitu minimnya minat peserta didik untuk mengikuti pembelajaran, kurangnya aktivitas didalam kelas, dan suasana kelas yang membosankan. Dengan permasalahan tersebut pendidik perlu melakukan inovasi terhadap model pembelajaran yang akan digunakan.. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 5 Malang yang membahas tentang hasil belajar Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognisi peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di Mts Negeri 5 Malang? (2) Bagaimana Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Hasil belajar ranah afeksi peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 5 Malang? (3) Bagaimana Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar ranah psikomotor peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fikih di Mts Negeri 5 Malang? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognisi peserta didik kelas VII pada mata pelajaran Fiqih di Mts Negeri 5 Malang. (2) Untuk mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan Hasil belajar ranah afeksi peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fikih di MTs Negeri 5 Malang. (3) Untuk mendeskripsikan Implementasi model pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar ranah psikomotor peserta didik kelas VII pada mata pelajaran fikih di Mts Negeri 5 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Model pembelajaran Discovery Learmimg dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif melalau hasil tes dari ulangan harian, soal pilihan ganda dan essay dengan menggunakan media peta konsep. (2) Model Pembelajaran Discovery Learning dalam meningkatkan hasil belajar ranah afektif ini sudah berjalan kondusif, namun masih terdapat beberapa hambatan yaitu peserta didik masih belum sepenuhnya memahami langkah-langkah model pembelajaran tersebut sehingga masih sulit menerima atau menyerap materi pelajaran.. (3) Implementasi model pembelajaran ranah psikomotorik peserta didik dibiasakan berdasarkan materi pelajaran seperti shadaqah, zakat, sholat sunnah, dan sholat jum’at. Psikomotorik peserta didik ini dibiasakan oleh pendidik melalui tanya jawab dan ketika presentasi dikelas.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193057 ROSDA AYU MANNDANIYAH |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 07:22 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 07:22 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40435 |
Actions (login required)
View Item |