STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MIN 14 BLITAR

BERLIANA SAVITRI, 12205193076 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SPIRITUAL UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI MIN 14 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual untuk Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di MIN 14 Blitar” ini ditulis oleh Berliana Savitri, NIM 12205193076, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing: Drs. Timbul, M.Pd.I., Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Karakter Religius. Penelitian ini dilatar belakangi oleh penanaman moral yang semakin luntur dapat mengakibatkan krisis spiritual dalam pendidikan pada pelajar saat ini, sehingga timbul permasalahan yang mengakibatkan kurangnya sopan santun, kenakalan remaja, kriminalitas serta tidak memiliki akhlak yang baik. Para siswa hanya ditekankan pada prestasi serta nilai yang dijadikan ajang kompetisi tanpa disertai pembentukan pendidikan spiritual yang seharusnya ditanamkan dalam diri siswa. Perlunya pembentukan karakter religius dalam diri siswa untuk menjadikan siswa yang memiliki sifat berakhlakul karimah. Fokus dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual peserta didik di MIN 14 Blitar ? (2) Bagaimana strategi guru dalam membentuk karakter religius peserta didik di MIN 14 Blitar ? (3) Bagaimana hambatan dan solusi penerapan strategi guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual untuk membentuk karakter religius peserta didik di MIN 14 Blitar ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitiannya di MIN 14 Blitar. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi sata, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan sejawat. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi yang diterapkan yaitu strategi drill dan pembiasaan melalui penerapan teladan yang diberikan, memiliki hubungan yang kuat dengan Allah SWT, memberikan kisah agung keagamaan, dan mengunjungi saudara yang sedang berduka. (2) Pembentukan karakter religius melalui pembiasaan kegiatan keagamaan 5S yaitu salam, sapa, senyum, sopan, dan santun, pelaksanaan sholat dhuha dan sholat dhuhur, membaca AL-Qur’an, istighosah, menghafal juz 30, pembiasaan infaq dan shodaqoh, dan adanya program PHBI (Peringatan Hari Besar Islam). (3) hambatan melalui lingkungan keluarga yang kurang memberikan perhatian dalam pendidikan beragama kepada anaknya serta kurangnya kepedulian orang tua, sedangkan melalui peserta didik yang kurang memiliki kesadaran diri akan kewajiban beribadah. Solusi menjalin hubungan kepada orang tua untuk selalu memberikan arahan dan kerja sama, serta madrasah lebih memberikan kedisiplinan kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193076 Berliana Savitri
Date Deposited: 25 Sep 2023 08:24
Last Modified: 25 Sep 2023 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40443

Actions (login required)

View Item View Item