IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENGUATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MIN 4 TULUNGAGUNG

VENYTIA EKA LUKITASARI, 12205193047 (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENGUATKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) MIN 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (527kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (415kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Implementasi Model Pembelajaran Student Team Achievement Division dalam Menguatkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Venytia Eka Lukitasari, NIM. 12205193047, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. NIP. 198605282014032002 Kata Kunci : Model Pembelajaran STAD, Karakter Tanggung Jawab, IPAS Di dalam pendidikan ada unsur utama yaitu guru yang harus memiliki kreasi, dan inovasi dalam setiap pembelajarannya agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Tujuan pendidikan itu sendiri tidak hanya untuk menambah pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk karakter baik peserta didik. Misalnya karakter tanggung jawab yang termasuk karakter penting dan wajib ada pada diri peserta didik. Menurut data yang sudah didapatkan bahwa di MIN 4 Tulungagung telah menerapkan pendekatan koopertaif salah satunya Model Student Team Achievement Division (STAD). Dengan model tersebut karakter baik yang muncul setelah diterapkannya STAD adalah karakter tanggung jawab. Mata pelajaran yang diteliti adalah Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Fokus penelitian pada penulisan skripsi ini adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk menguatkan karakter tanggung jawab peserta didik. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan secara mendalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk menguatkan karakter tanggung jawab peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) MIN 4 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas yang meliputi peningkatan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan model STAD yang digunakan meliputi kegiatan merencanakan proses pembelajaran dengan membuat bahan ajar dan mempersiapkan sarana prasarana yang memadai serta mempersiapkan ketenagaan yang berkompeten serta guru sudah memiliki sertifikat sertifikasi guru. Untuk tahap pelaksanaan model STAD atau diskusi menganut langkah-langkah STAD yaitu :guru menyajikan pelajaran, guru membentuk kelompok diskusi, guru memberikan tugas kelompok diskusi, guru memberikan tugas individu, guru memberi evaluasi pembelajaran serta penghargaan, dan yang terakhir guru bersama peserta didik menarik kesimpulan pembelajaran. Untuk tahap evaluasi model pembelajaran STAD ada dua yaitu guru mengevaluasi kemampuan peserta didik dengan memberikan tugas kelompok dan individu. Yang kedua guru mengevaluasi karakter tanggung jawab peserta didik melalui model STAD yang hasilnya karakter tanggung jawab peserta didik terlihat lebih kuat dibuktikan dengan indikator tanggung jawab terpenuhi seperti mengerjakan tugas tepat waktu, bertanggung jawab pada setiap tugas, dan mengerjakan tugas kelompok bersama.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193047 VENYTIA EKA LUKITASARI
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:21
Last Modified: 26 Sep 2023 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40485

Actions (login required)

View Item View Item