PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH NUMERASI SISWA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 1 UDANAWU BLITAR

HAIFA DIAN AULIA, 12204193170 (2023) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH NUMERASI SISWA MATERI STATISTIKA DI SMP NEGERI 1 UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (661kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Guided Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Numerasi Siswa Materi Statistika di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Haifa Dian Aulia, NIM. 12204193170, dengan dosen pembimbing Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Guided Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Numerasi Fenomena rendahnya kemampuan pemecahan masalah numerasi siswa dalam pembelajaran matematika disebabkan karena model pembelajaran yang kurang sesuai mengakibatkan kemampuan pemecahan masalah numerasi siswa tergolong rendah, saat ini pembelajaran yang diterapkan guru umumnya bersifat monoton dan kurang kreatif, guru hanya menjelaskan materi dan mencontohkan cara pengerjaan soal kemudian memberikan soal latihan, peserta didik menyaksikan guru memecahkan soal kemudian memecahkannya sendiri. Hal ini mengakibatkan siswa kurang aktif dan berdampak buruk pada kemampuan pemecahan masalah numerasi siswa sehingga diperlukan pemilihan model pembelajaran yang membuat siswa lebih berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran, salah satunya model Guided Discovery Learning. Model Guided Discovery Learning merupakan serangkaian pembelajaran dengan melibatkan siswa secara aktif dalam penyelidikan dengan bimbingan guru agar tujuan tercapai sesuai yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah numerasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian jenis eksperimen semu (quasi eksperimental), dengan desain posttest only control design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah perkelas antara 30-32 siswa, dengan sampel yang digunakan sebagai kelas kontrol sebanyak 31 siswa dan sebagai kelas eksperimen sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas serta menggunakan uji hipotesis yaitu uji independent sample T- Test dengan bantuan IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model Guided Discovery Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah numerasi siswa materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 1 Udanawu Blitar. Hasil perhitungan diperoleh nilai diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah numerasi siswa yang diajar menggunakan model Guided Discovery Learning lebih baik dari pada model Discovery Learning.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Pendidikan
Matematika > Statistika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:34
Last Modified: 26 Sep 2023 07:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40499

Actions (login required)

View Item View Item