ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG

UMMU HAMIMAH, 12208193117 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN KELAS VIII DI MTsN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img] Text
COVER.pdf

Download (513kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (138kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Tipe Higher Order Thinking Skills (HOTS) Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Ummu Hamimah, NIM. 12208193117, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir tingkat tinggi, Tumbuhan. Salah satu kemampuan yang penting dikuasai oleh siswa adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi karena berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu tahapan berpikir yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Di MTsN 3 Tulungagung masih banyak siswa yang belum memahami soal tipe HOTS karena dalam mengerjakan soal tipe HOTS itu berbeda dengan soal biasa yaitu perlu berpikir yang level kognitifnya lebih tinggi. Guru biologi juga belum pernah melakukan analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung (3) mendeskripsikan upaya untuk mengatasi faktor penghambat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal tipe HOTS materi struktur dan fungsi tumbuhan kelas VIII di MTsN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan wawancara. Pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa instrumen soal tes dan instrumen wawancara. Validator pada penelitian ini yaitu 2 validator ahli yang terdiri dari 2 dosen biologi. Subyek penelitian ini adalah kelas VIII-A sejumlah 28 siswa dan kelas VIII-B sejumlah 27 siswa di MTsN 3 Tulungagung. Hasil tes dianalisis menggunakan indikator berpikir tingkat tinggi berdasarkan International Center for the Assesment of Higher Order Thinking. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat banyak siswa yang masih kesulitan dalam menyelesaikan soal tipe HOTS dan berdasarkan hasil tes yang sudah dilaksanakan tidak ditemukan siswa yang memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sangat baik (2) faktor pendukung diantaranya siswa mengerjakan soal dengan sungguh-sungguh, siswa rajin belajar serta aktif bertanya apabila ada materi yang masih belum paham. Faktor penghambat diantaranya siswa hanya belajar materi secara umum dan kurang mendalam, siswa tidak terbiasa mengerjakan soal HOTS saat evaluasi pembelajaran, media pembelajaran yang masih kurang serta metode belajar ceramah yang digunakan oleh guru kurang tepat (3) upaya untuk mengatasi faktor penghambat diantaranya memberi materi tambahan, memberikan soal HOTS kepada siswa saat evaluasi pembelajaran, memberikan media pendukung tambahan dan memberikan metode pembelajaran baru menggunakan metode experimen atau praktik langsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208193117 Ummu Hamimah
Date Deposited: 29 Sep 2023 14:15
Last Modified: 29 Sep 2023 14:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40535

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item