PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENTS ( TGT) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG

RAHMADANI INDAH RAHAYU, 12204193237 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAME TOURNAMENTS ( TGT) TERHADAP KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII MTSN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (552kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Rahmadani Indah Rahayu, NIM. 12204193237, Jurusan Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M. Pd. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Game Tournament, Kreativitas, Hasil Belajar Pemilihan media pembelajaran yang tepat dapat membantu siswa memahami dengan caranya sendiri dan akan meningkatkan siswa kreativitas siswa dan hasil belajar. Media pembelajaran Teams Game Tournaments (TGT) merupakan salah satu media yang digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam mengembangkan aktifitas dan inisiatif sebab dalam team games tournament siswa memainkan permainan dengan anggota-anggota tim yang lain untuk memperoleh tambahan poin untuk skor tim mereka. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournaments terhadap kreativitas pada materi aritmetika sosial, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournaments terhadap hasil belajar pada materi aritmetika social, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournaments terhadap kreativitas dan hasil belajar pada materi aritmetika sosial Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 6 Tulungagung tahun ajaran 2022/2023. Sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-A (kelas eksperimen) berjumlah 29 siswa dan kelas VII-C (kelas kontrol) berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data degan menggunakan tes dan angket, serta Teknik analisis data dengan menggunakan (Man Whitney, Uji t-test, Uji Anacova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournaments terhadap kreativitas, hasilnya diperoleh nilai signifikansi lebih dari 0,05, nilai signifikansi sebesar 0,440 (2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournaments terhadap hasil belajar, hasilnya diperoleh thitung > ttabel sehingga 8,078 > 7,905.(3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournaments terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika, hasilnya diperoleh dari nilai signifikansi kurang dari 0,05

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aritmatika
Pendidikan > Hasil Belajar
Matematika
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1 Bismillah
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:23
Last Modified: 02 Oct 2023 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40546

Actions (login required)

View Item View Item