EFEKTIVITAS KONSELING PERILAKU TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTSN 5 TULUNGAGUNG

LAZUARDI ENGGAR PRIAMBODO, 12306193073 (2023) EFEKTIVITAS KONSELING PERILAKU TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MTSN 5 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Konseling Perilaku Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MTSN 5 Tulungagung” ditulis oleh Lazuardi Enggar Priambodo NIM 12306193073. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tahun 2023. Abstrak : Kepercayaan diri suatu sikap dimana siswa yakin kepada kemampuan sendiri, dalam mengambil keputusan tanpa rasa ragu, bebas dalam melakukan sesuatu serta bertanggung jawab atas semua perbuatannya, memiliki rasa sopan saat berinteraksi, dengan orang lain, dapat mengenali kekurangan serta kelebihan yang di miliki. merasa takut apabila jawab dia salah ketika ada guru yang bertanya, malu untuk berbicara di hadapan temannya, tidak pandai berbicara di depan orang banyak, siswa merasa gugup berbicara di depan kelas, siswa kurang berani dalam mengambil keputusan tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri dan untuk mengetahui efektivitas konseling perilaku teknik bermain peran untuk meningkatan kepercayaan diri siswa kelas VIII B MTSN 5 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian one group pre-test post-test tanpa adanya kelompok kontrol dan hanya membandingkan pre-test post-test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTSN 5 Tulungagung berjumlah 31 siswa yang memiliki kepercayaan diri rendah, sedang, dan tinggi. Sampel dalam berjumlah 16 (50%) siswa, penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling yang merupakan teknik penentuan dari sampel dengan pertimbangan tertentu. Hasil dari penyebaran angket pre-test terdapat 16 (50%) siswa yang memiliki keprcayaan diri rendah, 11 (41%) sedang, dan 4 (9%) tinggi, berdasarkan hasil uji Wilcoxon bernilai Sig (2tailed) 0,000 < 0,05 terdapat perbedaan variabel awal dan variabel akhir. Teknik bermain peran dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII B MTSN 5 Tulungagung di dapat dari hasil pre-test dan post-test yang mengalami perbedaan dengan sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling. Kata Kunci : Konseling perilaku, teknik bermain peran, kepercayaan diri, siswa MTSN 5

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 12306193073 LAZUARDI ENGGAR PRIAMBODO
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:41
Last Modified: 02 Oct 2023 08:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40603

Actions (login required)

View Item View Item