EFEKTIVITAS KONSELING RASIONAL EMOSI PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI PADA SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL

PAMELA VIEN IRIANI PRATIWI MRAMRA, 12306193123 (2023) EFEKTIVITAS KONSELING RASIONAL EMOSI PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI PADA SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Konseling Rasional Emosi Perilaku Untuk Meningkatkan Harga Diri Pada Siswa SMPN 1 Sumbergempol” ditulis oleh Pamela Vien Iriani Pratiwi Mramra NIM 12306193123. Pembimbing Wikan Galuh Widyarto, M.Pd Prodi Bimbingan Konseling Islam (BKI), Jurusan Dakwah, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah, Tahun 2023 Abstrak: Harga diri merupakan sebuah kondisi dimana seseorang menilai dirinya sendiri. Permasalahan yang dialami remaja seringkali berasal dari diri individu. Individu tanpa sadar menciptakan konflik yang berasal dari masalah rendahnya harga diri. gejala yang ada di SMPN 1 Sumbergempol diantaranya kurang memahami dan menerima diri sendiri yakni siswa merasa malu saat presentasi di kelas dan kurangnya kemampuan untuk mentaati peraturan yang berlaku sesuai moral dan etika yakni siswa membuang sampah sembarangan dan kurangnya peduli akan penampilan. Tujuan adanya penelitian ini, yaitu untuk mengetahui tingkat harga diri pada siswa serta keefektivitas konseling rasional emosi perilaku untuk meningkatkan harga diri pada siswa kelas VII-J SMPN 1 sumbergempol. Metode penelitian kuantitatif menggunakan sebuah metode quasi eksperimen. Desain yang digunakan adalah Noneequivalent Control Group Design, pada desain ini kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas VII-J SMPN 1 Sumbergempol yang berjumlah 32 siswa, sampel berjumlah 10 siswa. Sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat harga diri siswa kelas VII-J di SMPN 1 Sumbergempol berada pada kategori rendah 10 (31%), sedang 16 (50%), dan tinggi 6 (19%). Dari uji paired sample t-test menunjukkan bahwa nilai signifikansi (2-tailed) Sig. 0,001<0,05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil sebelum dan sesudah diberikan treatment dengan konseling rasional emosi perilaku. Selain itu, hasil uji Ngain Score menunjukkan 27,1 kelompok eskperimen dan 8,8 kelompok kontrol, sehingga tingkat efektivitas pada kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya konseling rasional emosi perilaku efektif untuk meningkatkan harga diri di SMPN 1 Sumbergempol. Kata kunci: konseling rasional emosi perilaku, harga diri, siswa SMP

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Bimbingan dan Konseling Islam > Perilaku
Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: S1 12306193123 PAMELA VIEN IRIANI PRATIWI MRAMRA
Date Deposited: 02 Oct 2023 08:49
Last Modified: 02 Oct 2023 08:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40606

Actions (login required)

View Item View Item