PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MA FATHUL HIDAYAH LAMONGAN

SITI NILASARI, 12212193113 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MA FATHUL HIDAYAH LAMONGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (558kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (822kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (945kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (374kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid Kelas XI MA Fathul Hidayah Lamongan” ini ditulis oleh Siti Nilasari, NIM. 12212193113, Program Studi Tadris Kimia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Based Learning, E-Modul, Hasil Belajar, Sistem Koloid Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar. Rendahnya hasil belajar menjadi masalah pembelajaran di sekolah, salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan menngunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran problem based learning merupakan model pembelajaran kooperatif yang melibatkan siswa untuk meyelidiki suatu masalah nyata. Pembelajaran menggunakan e-modul berbasis problem based learning dapat digunakan siswa untuk belajar secara mandiri, sehingga proses pembelajaran dapat dilakukan sesuai pemahaman siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem koloid kelas XI MA Fathul Hidayah Lamongan (2) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul terhadap hasil belajar afektif siswa pada materi sistem koloid kelas XI MA Fathul Hidayah Lamongan (3) untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa pada materi sistem koloid kelas XI MA Fathul Hidayah Lamongan Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen yaitu Posttest Only Control Group. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA MA Fathul Hidayah Lamongan. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa soal tes untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa berjumlah 23 butir soal pilihan ganda 3 butir soal esai dan lembar observasi untuk mengukur hasil belajar afektif siswa berjumlah 13 butir pernyataan. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji T bebas dan uji Manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem koloid kelas XI MA Fathul Hidayah Lamongan dengan nilai Sig. (2-tiled) 0,000 < 0,05 (2) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul terhadap hasil belajar afektif siswa pada materi sistem koloid kelas XI MA Fathul Hidayah Lamongan dengan nilai Sig. (2-tiled) 0,000 < 0,05 (3) Ada pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan e-modul terhadap hasil belajar kognitif dan afektif siswa pada materi sistem koloid kelas XI MA Fathul Hidayah Lamongan dengan nilai Sig. (2-tiled) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: 12212193113 SITI NILASARI
Date Deposited: 05 Oct 2023 08:51
Last Modified: 05 Oct 2023 08:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40636

Actions (login required)

View Item View Item