NIKEN SUSILOWATI, 12205193195 (2023) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANGANI KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS III DI MI MIFTAHUL HUDA BANJAREJO. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Strategi Guru Kelas Dalam Menangani Kesulitan Membaca Pada Siswa Kelas III Di MI Miftahul Huda Banjarejo” ini ditulis oleh Niken Susilowati, NIM. 12205193195, pembimbing Bapak Bagus Setiawan, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru Kelas, Kesulitan Membaca Skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan belajar pada siswa yaitu kesulitan membaca. Dengan adanya kesulitan membaca pada siswa dapat berdampak pada hasil akademik siswa. Kesulitan membaca pada siswa ini juga bisa disebabkan krena faktor internal dan faktor eksternal. Sehingga strategi guru kelas dalam mengajar untuk menangani kesulitan membaca ini sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja bentuk kesulitan membaca pada siswa, dampak kesulitan membaca pada siswa dan bagaimana strategi guru kelas dalam menangani kesulitan membaca pada siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana bentuk kesulitan membaca pada siswa kelas III di MI Miftahul Huda Banjarejo?, (2) Bagaimana dampak kesulitan membaca pada siswa kelas III pada kegiatan pembelajaran di MI Miftahul Huda Banjarejo?, (3) Bagaimana strategi guru kelas dalam menangani kesulitan membaca pada siswa kelas III di MI Miftahul Huda Banjarejo? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data dengan mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi data. penelitian ini juga melakukan pengecekan kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bentuk kesulitan membaca pada siswa yaitu siswa masih terbata-bata dalam membaca, siswa mengalami kesalahan dalam pengucapan huruf, siswa mengalami penghilangan huruf ketika membaca dan siswa bingung membedakan huruf yang memiliki bentuk hampir serupa. (2) Dampak kesulitan membaca pada siswa yaitu siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran sehingga mengalami ketertinggalan materi pelajaran, cenderung lebih pendiam ketika pembelajaran, memiliki nilai mata pelajaran yang rendah. (3) Strategi guru kelas dalam menangani kesulitan membaca yaitu dengan melakukan bimbingan belajar disela-sela jam pelajaran dan melakukan bimbingan di luar jam pelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Pendidikan > Metode Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193195 Niken Susilowati |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 03:13 |
Last Modified: | 06 Oct 2023 03:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40649 |
Actions (login required)
View Item |