KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL ULAMA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang)

HALIMATUS SA’DYAH, 12601195012 (2023) KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL ULAMA PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang). [ Disertasi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Disertasi dengan judul “Kepemimpinan Transformasional Ulama Perempuan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan” (Studi Kasus di Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang) ini ditulis oleh Halimatus Sa’dyah dengan Promotor Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag. Kata Kunci: Kepemimpinan Transfromasional, Ulama Perempuan, Meningkatkan Mutu Pendidikan, Pondok Pesantren. Kepemimpinan merupakan hal penting yang banyak disorot oleh praktisi dan akademisi di berbagai literatur yang ada. Riset yang mengangkat tema kepemimpinan pendidikan di pesantren menunjukkan bahwa kepemimpinan memegang peranan penting. Kepemimpinan menjadi faktor utama yang mendorong kesuksesan upaya-upaya reformasi lembaga pendidikan pesantren. Tujuan penelitian ini untuk merumuskan secara mendalam terkait kepemimpinan transformasional ulama perempuan dalam mendefinisikan keberhasilan. Menganalisis konteks internal-eksternal, menetapkan strategi, membangun kapasitas, menegosiasikan otoritasnya dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik membaca seluruh data, pengodean, saling menghubungkan tema atau diskripsi, dan menginterpretasi makna tema atau diskripsi. Sedangakan cara pengecekan keabsahan data menggunakan teknik kredibilitas, dependenbilitas, transferbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan transformasional ulama perempuan dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren dengan cara output santri lebih baik, manajemen dan kepemimpinan pesantren yang lebih baik, pesantren memiliki nilai religius pada anggotanya berupa sifat amanah, tawakkal, dan tawadu. Definisi keberhasilan pesantren dalam artian luas dapat merefleksikan nilai-nilai dan keyakinan hidup. Analisis internal meliputi 1) analisis performa sekolah yang lebih baik, 2) kapasitas siswa yang meningkat dan 3) ekspektasi para guru sesuai dengan harapan yaitu proses afektif sekolah serta kondisi-kondisi pesantren dan madrasah yang mendukung. Analisis eksternal meliputi 1) latar belakang dan ekspektasi dari wali santri yang memasukkan anaknya ke pesantren, 2) kebijakan-kebijakan pemerintah dalam konteks global. Strategi prakondisional, pelayanan prima, strategi-strategi akademik, strategi pendukung, strategi terakhir. Peningkatan kapasitas berupa mengembangkan sumber daya manusia, menciptakan kultur-kultur pesantren berupa nilai profesional dalam bekerja, Proses pengambilan keputusan melalui metode partisipatif dan kolaboratif. Dalam menegosiasikan otoritasnya berupa kultur kolaboratif, proses visioning oleh ketua yayasan, membangun kolaborasi dengan para anggota komunitas yang lebih luas.

Item Type: Disertasi
Subjects: Kepemimpinan
Pendidikan > Mutu Pendidikan
Manajemen > Pendidikan Islam
Perempuan
Pendidikan Islam > Pondok pesantren
Divisions: Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12601195012 HALIMATUS SA'DYAH
Date Deposited: 04 Oct 2023 04:08
Last Modified: 04 Oct 2023 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40679

Actions (login required)

View Item View Item