STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MOTORIK ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH PAKEL TULUNGAGUNG

NIKMATUS SOLIKAH, 12206193055 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MOTORIK ANAK USIA DINI DI RA AL HIDAYAH PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalamMeningkatkan Kreativitas Motorik Anak Usia Dini di RA Al Hidayah Pakel Tulungagung” Tahun ajaran 2022/2023yang ditulis oleh Nikmatus Solikah NIM. 12206193055. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SAYYID ALI RAHMATULLAH TULUNGAGUNG (UIN SATU), dibimbing oleh Ibu Uswatun Hasanah, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Meningkatkan Kreativitas Motorik, Anak Usia Dini Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya strategi guru dalam meningkatkan kreativitas motorik anak usia dini di RA Al Hidayah Pakel Tulungagung. Lembaga ini termasuk lembaga yang favorit dan maju dengan adanya program unggulan diantaranya penggunaan 4 bahasa dalam komunikasi sehari-hari. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam memilih sumber belajar meningkatkan kreativitas motorik anak usia dini di RA Al Hidayah?, (2) Apa saja strategi guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas motorik anak usia dini di RA Al Hidayah?, (3) Apa saja strategi guru dalam membuat media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas motorik anak usia dini di RA Al Hidayah?. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi guru memilih sumber belajar dalam meningkatkan kreativitas motorik anak usia dini di RA Al Hidayah, (2) Untuk mendiskripsikan strategi guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan kreativitas motorik anak usia dini di RA Al Hidayah, (3) Untuk mendiskripsikan strategi guru dalam membuat media pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas motorik anak usia dini di RA Al Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk metode analisis data, peneliti menggunakan metode analisis deskriptif. Sedangkan pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil yang didapatkan dari penelitian di RA Al Hidayah Pakel Tulungagung ini sebagai berikut: Strategi guru memilih sumber belajar berupa buku penunjang atau majalah, melalui video, dan lingkungan sekitar, strategi guru dalam mengmplementasi metode pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas motorik anak dilakukan dengan kegiatan menggambar, kegiatan mewarnai, kegiatan membuat karya, dan kegiatan menempel gambar menggunakan kapas. Adapun strategi guru dalam membuat media pembelajaran di RA Al Hidayah yaitu: Media pembelajaran menunjukkan keefektifan guru, program pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku, dan menyesuaikan kemampuan berpikir peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 04 Oct 2023 03:59
Last Modified: 04 Oct 2023 03:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40680

Actions (login required)

View Item View Item