PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERDAHAP PERILAKU SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

RICMA SHOBARIYA, 2811123195 (2016) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DALAM KELUARGA TERDAHAP PERILAKU SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (880kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (427kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (455kB)
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (675kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Rujukan.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Perilaku Siswa di SMP Negeri 2 Sumbergempol, Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Ricma Shobariya, NIM. 2811123195, Pembimbing Dr. H. Nur Kholis, M. Pd. Kata Kunci : Pendidikan Agama dalam Keluarga, Perilaku Siswa. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang mempengaruhi perilaku anak, salah satunya adalah pendidikan agama dalam keluarga yang dilakukan oleh orangtua. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pendidikan agama dalam keluarga, perilaku siswa, serta mengungkap ada tidaknya pengaruh pendidikan agama dalam keluarga dengan perilaku siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol, Tulungagung. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif-induktif dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol, Tulungagung yang jumlahnya 173 siswa/siswi. Metode pengambilan sampel dilakukan secara acak berstrata atau disebut dengan stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 106 siswa/siswi. Datanya menggunakan data primer dan data sekunder, sedangkan sumber datanya adalah responden dan dokumentasi dengan variable penelitian pendidikan agama dalam keluarga sebagai variable independen (X) dan juga perilaku siswa sebagai variable dependen (Y). Skala pengukurannya menggunakan skala Likert. Metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data tentang sejarah, visi, misi, data guru, data siswa dan struktur organisasi sekolah, sedangkan angket untuk memperoleh data variable pendidikan agama dalam keluarga (X) dan perilaku siswa (Y). Yang terakhir teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis dengan menggunakan rumus mean untuk mengetahui rata-rata pendidikan agama dalam keluarga dan perilaku siswa kelas VIII, dan r product moment untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku siswa kelas VIII. Berdasarkan analisis data hasil penelitian adalah pendidikan agama dalam keluarga siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dapat ditafsirkan atau dijelaskan bahwa nilai mean menunjukkan 84,745 artinya pendidikan agama dalam keluarga berarti sangat baik. Perilaku siswa kelas VIII SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dapat ditafsirkan atau dijelaskan bahwa nilai mean menunjukkan 84,707, artinya perilaku siswa berarti sangat baik. Dan berdasarkan interpretasi sederhana ro menunjukkan nilai sebesar 0,401 berada dalam nilai koefisien 0,400-0,700 termasuk kedalam katagori “sedang”, sedangkan berdasarkan interpretasi menggunakan table r product moment ro lebih besar dari rt, yaitu 0,401, pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,195 dan taraf signifikansi 1% sebesar 0,254, sehingga hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap perilaku siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung” dapat diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123195 RICMA SHOBARIYA
Date Deposited: 07 Nov 2016 04:16
Last Modified: 07 Nov 2016 04:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4071

Actions (login required)

View Item View Item