PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTSN 8 BLITAR

IKHWAN WAKHID HAKIM, 12211183066 (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI USAHA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS VIII MTSN 8 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (756kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Berbasis Power Point pada Materi Usaha dan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTsN 8 Blitar” ditulis oleh Ikhwan Wakhid Hakim, NIM.12211183066, Pembimbing Muhammad Luqman Hakim Abbas, M.Pd Kata Kunci: Video Pembelajaran Animasi, Berbasis PowerPoint, Usaha dan Pesawat Sederhana Penelitian ini merupakan bentuk upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran fisika di MTsN 8 Blitar. Permasalahan tersebut yakni siswa kesulitan memahami materi karena masih hanya menggunakan buku paket yang menyebabkan siswa kurang tertarik dan siswa membutuhkan media pembelajaran yang mudah digunakan untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan video pembelajaran animasi, 2) mengetahui kelayakan video pembelajaran animasi, 3) mengetahui keterbacaan video pembelajaran animasi, 4) mengetahui efektifitas video pembelajaran animasi berbasis power point pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII MTsN 8 Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Model ini terdapat sepuluh langkah penelitian yakni potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk I, uji pemakaian, revisi produk II, dan produksi masal. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII MTsN 8 Blitar. Instrumen pengumpulan data yang digunakan antara lain angket validasi ahli media dan ahli materi, angket keterbacaan video pembelajaran animasi, dan soal post test. Hasil uji validasi menggunakan skala 1-4 ahli media memperoleh skor sebesar 3,84 menunjukkan kriteria valid dan hasil validasi ahli materi memperoleh skor 3,4 menunjukkan kriteria valid. Berdasarkan uji validasi menunjukkan video pembelajaran animasi layak digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba pertama untuk mengetahui keterbacaan video pembelajaran animasi. Hasil uji coba pertama kepada 15 siswa memperoleh skor 3,38 menunjukkan kriteria sangat mudah digunakan dalam pembelajaran. Pada pengujian kedua untuk uji efektifitas ketuntasan klasikal kelas eksperimen sebesar 85% dan kelas kontrol sebesar 37%. Berdasarkan uji t diperoleh nilai thitung = 3,672 yang nilainya lebih besar dari ttabel = 3,663 untuk df=53, sehingga hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan video pembelajaran animasi berbasis power point pada materi usaha dan pesawat sederhana lebih tinggi dari kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193015 Jayanti Ryan Pratiwi
Date Deposited: 05 Oct 2023 04:21
Last Modified: 05 Oct 2023 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40728

Actions (login required)

View Item View Item