PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL-MAHRUSIYAH KEDIRI HALAMAN JUDUL

OLIVIA FERNANDA PUJI PRATIWI, 12211193004 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA MATERI GELOMBANG BUNYI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MA AL-MAHRUSIYAH KEDIRI HALAMAN JUDUL. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Student Team Achievement Division (STAD), Motivasi, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik pada pelajaran fisika terutama sulit dalam memahami konsep materi gelombang bunyi karena masih banyak guru yang menggunakan metode ceramah sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Peneliti beranggapan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diharapkan mampu meningkatkan motivasi hasil belajar pada peserta didik. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini berupa kelompok kecil berisikan 4-5 orang dengan adanya interaksi siswa dan penghargaan. Model pembelajaran kooperatif tipe (STAD) adalah pembelajaran kelompok yang dimana siswa berkemampuan rendah dibantu oleh siswa berkemampuan tinggi setelah itu guru juga ikut membantu sehingga pemahaman siswa dan interaksi siswa. Rumusan dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi gelombang bunyi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA AlMahrusiyah Kediri? 2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi gelombang bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Mahrusiyah Kediri? 3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi gelombang bunyi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Mahrusiyah Kediri? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu. Penelitian menggunakan post test only group. Populasi dalam penelitian ini adalah 524 siswa kelas XI MA Al-Mahrusiyah Kediri. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Anggota populasi sebanyak 15 kelas dianggap homogen, dengan kelas XI MIA A sebagai kelas eksperimen sebanyak 34 siswa dan kelas XI MIA B sebanyak 35 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, angket dan dokumentasi. Uji prasyarat yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan uji T dan uji manova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi gelombang bunyi terhadap motivasi belajar siswa kelas XI MA Al-Mahrusiyah Kediri. Dimana hasil signifikasinya 0,000 < 0,05. Karena dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa dan interaksi siswa. 2) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi gelombang bunyi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Mahrusiyah Kediri. Dimana hasil signifikasinya 0,000 < 0,05. Karena dapat meningkatkan keinginan untuk keberhasilan meraih prestasi meningkat. 3) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student team achievement division (STAD) pada materi gelombang bunyi terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MA Al-Mahrusiyah Kediri. Dimana hasil signifikasinya 0,000 < 0,05. Karena motivasi siswa meningkat, sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193004 Olivia Fernanda Puji Pratiwi
Date Deposited: 23 Oct 2023 07:15
Last Modified: 23 Oct 2023 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40796

Actions (login required)

View Item View Item