IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X di MAN 2 TULUNGAGUNG

RIZKA HIDAYATUL AZIZAH, 2811123202 (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA KELAS X di MAN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (963kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 ok.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text
BAB 2 ok.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB 3 ok.pdf

Download (164kB)
[img]
Preview
Text
BAB 4 ok.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 ok.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6 ok.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK RIZKA AZ.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text
DLL Rizka y.pdf

Download (529kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MAN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Rizka Hidayatul Azizah pembimbing Dra. Hj. Retno Indayati, M. Si. Kata kunci : Pembelajaran akidah akhlak, Akhlakul karimah siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh fakta yang ada dalam kehidupan sehari-hari, seperti beberapa kasus yang telah terjadi dikalangan pelajar, yaitu kurangnya sopan santun terhadap guru dan orang tua, lalu sering bertindak yang buruk kepada sesama sampai terjadinya perkelahian antar siswa dan kenakalan remaja yang telah terjadi dimana-mana. Karena akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam bertingkah laku. Dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Madrasah sebagai lembaga pendidikan agama formal yang juga sebagai tempat anak untuk belajar merupakan salah satu filter dalam menghadapi tantangan zaman yang semakin berkembang. Terlebih dalam pembentukan akhlak. Dalam hal ini peneliti membahas tentang implementasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MAN 2 Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana merencanakan dan mengimplementasikan metode pembelajaran akidah akhlak dalam menanamkan nilai-nilai akhlaqul karimah siswa di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimana merencanakan dan mengimplementasikan berbagai metode pembelajaran akidah akhlak untuk mencegah tumbuhnya akhlakul madzmumah para siswa di MAN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana melaksanakan evaluasi pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MAN 2 Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala MAN 2 Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu sekolah, bagi para guru MAN 2 Tulungagung sebagai bahan kajian untuk lebih meningkatkan upaya pembinaan akhlak peserta didik agar lebih baik lagi. Bagi para pembaca lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu primer dan sekunder, sumber data primer meliputi kepala sekolah, guru akidah akhlak dan siswa, sedangkan sumber data sekunder yaitu data-data sekolah dan referensi lain yang mendukung. Peneliti menggunakan metode wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Wawancara mendalam digunakan untuk mencari data sedetail-detailnya dengan cara melakukan dialog secara terstruktur. Observasi digunakan untuk mencari data dengan cara melihat secara langsung yang terjadi. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mencari data dengan mengambil gambar keadaan sebenarnya yang terjadi. Selanjutnya analisis data yang digunakan yaitu reduksi, penyajian data atu display dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah dalam pembentukan akhlakul karimah siswa yang diimplementasikan melalui pembelajaran akidah akhlak adalah dengan menggunakan metode 1. Pembiasaan 2. Keteladanan 3. Pemberian Ganjaran 4. Pengawasan dan, 5. Pemberian Hukuman. Dan untuk mencegah tumbuhnya akhlakul madzmumah siswa melalui pembelajaran akidah akhlak yaitu dengan menggunakan metode pengawasan dan pemberian hukuman. Sedangkan evaluasi yang dilakukan dalam pembentukan akhlakul karimah siswa adalah dengan, 1. Melihat langsung akhlak siswa sehari-hari, 2. Dengan pengawasan yang melibatkan orang tua siswa, dan 3. Evaluasi yang dilakukan oleh pihak guru setiap bulan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123202 RIZKA HIDAYATUL AZIZAH
Date Deposited: 21 Dec 2016 03:35
Last Modified: 21 Dec 2016 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4085

Actions (login required)

View Item View Item